Upaya Tingkatkan Layanan, PT DLU Gelar “Anugerah Prestasi 2019”

0
55

Suara Mandiri.com (Surabaya) – Upaya memacu kinerja sekaligus skill karyawan terus dilakukan tanpa henti oleh perusahaan moda transportasi laut PT Dharma Lautan Utama (DLU), diantaranya melalui pemberian reward kepada sejumlah karyawan, Jumat (30/8) lalu. Perhelatan tahunan yang dikemas dalam “Malam Anugerah Prestasi 2019” tersebut sudah yang ke tujuh belas.

Menurut Direktur Utama PT DLU Erwin H. Poedjono SE, penganugerahan atas prestasi ini merupakan salah satu bagian dari strategi perusahaan untuk mewujudkan pelayanan prima dan cerdas kepada penumpang kapal. Bahwa keberhasilan perusahaan tidak lagi ditentukan oleh fasilitas dan proteksi dari pemerintah, namun oleh kualitas karyawan dalam melayani pelanggan. “Kami berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik, yang salah satunya melalui pemberian motivasi dan penghargaan kepada karyawan. Dan SDM (Sumber Daya Manusia) bukan merupakan beban, tetapi menjadi aset serta modal perusahaan. Kami pun ingin memastikan bahwa seluruh karyawan telah mempelajari, mengerti dan melaksanakan prosedur untuk memberikan pelayanan maksimal yang berorientasi pada keamanan, keselamatan dan kenyamanan,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Lebih jauh dikatakan, seluruh upaya PT DLU tersebut diselenggarakan di tengah terpaan berbagai masalah seputar moda transportasi laut penyeberangan. Yakni mengenai tarif yang diatur secara ketat oleh pemerintah, dimana tarif saat ini sudah lebih dari 2 tahun belum mengalami penyesuaian. Sementara untuk biaya-biaya operasional telah mengalami kenaikan mengikuti mekanisme pasar dalam beberapa tahun belakangan. Seperti gejolak kurs rupiah, yang sangat mempengaruhi biaya perawatan kapal. Juga kenaikan Upah Minimum Regional setiap tahun yang rata-rata 8 persen. Belum lagi masalah PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) dengan besaran mencapai sekitar 500 persen dari biaya operasional lainnya.

 

Kondisi seperti ini masih ditambah dengan kenyataan yang terjadi di lintas penyeberangan, yakni dermaga yang tersedia tidak mampu menampung operasional kapal-kapal di alur tersebut. Rata-rata kapal beroperasi hanya sekitar 30-40 persen. Kondisi ini terjadi di hampir seluruh lintasan penyeberangan di Indonesia, yang berimbas pada kemampuan pengusaha dalam memberikan layanan  kenyamanan. Dan jika ini terus berlanjut, akan mempengaruhi layanan keselamatan. “Saat ini sudah banyak perusahaan yang kesulitan membayar gaji karyawan, serta tidak bisa melakukan perbaikan kapal-kapalnya yang mengalami kerusakan. Bahkan ada yang sudah berganti kepemilikan baik secara langsung ataupun melalui lelang perbankan,” ungkap Erwin menjelaskan fenomena lesunya bisnis angkutan laut belakangan ini.

“Anugerah Prestasi 2019” diberikan berdasarkan 8 kategori yang masing-masing dinilai berdasarkan beberapa kriteria. Untuk kategori Mitra Dharma Utama dianugerahkan kepada Capt. Jhonny Runggu Silalahi MH (Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Balikpapan), Ir Dwi Budi Sutrisno MSc (Sekretaris Utama BMKG) dan Rahmat Slamet SE MM (Direktur Pemasaran PT Jasa Raharja Putera). Kategori Dharma Bhakti Praja Utama untuk Capt. Gajah Rooseno M Mar. Sementara PT DLU Kantor Cabang Tanjung Perak mendapat penilaian terbaik untuk kategori Kantor Cabang Lintas Panjang. Serta beberapa terbaik lainnya di 5 kategori.

Hadir pada event tersebut anggota Komisi V DPR RI Ir Bambang Haryo Sukartono yang juga sebagai Owner dan Penasehat PT DLU. Katanya, “Ini saya apresiasi sekali untuk Dharma Lautan. Dan diharapkan untuk semua moda transportasi yang lain bisa menirunya. Turut hadir sebagai tamu kehormatan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito SE MM sebagai Kepala Badan SAR (Search And Rescue/ Pencarian dan Penyelamatan) Nasional, Chandra Irawan (Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat), Ir Wahid Wahyudi MT (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur), R.B Fatah Yasin (Kepala Dinas Perhubungan dan Dinas Lalu Lintas Angkutan dan Jalan Provinsi Jawa Timur), M. Dahri (Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak) serta beberapa tamu kehormatan. (iwan / mahfud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here