Padepokan Lereng Semeru Sukses Cetak Anak Didik Berprestasi Internasional

0
211
Jocelyn Gavriella Sugiharto perlihatkan medali perak yang ia peroleh dalam even TIMO 2019

Suaramandiri .com (Lumajang) – Kabar menggembirakan datang dari gelaran Thailand International Mathematics Olympiad (TIMO) yang diadakan di Phuket, 5-8 April 2019. Jocelyn Gavriella Sugiharto, siswi kelas 2 SDK Santo Yoseph Lumajang sukses membanggakan Indonesia dengan prestasinya meraih medali perak kategori SD dalam even bergengsi diikuti 21 negara yang diselenggarakan di Phuket tersebut. Hal ini disampaikan Muhammad Muchtar, guru pembina Jocelyn dari padepokan Lereng Semeru kepada awak media ini, Selasa (09/04).

“Persiapan atau pembinaan dilakukan 15 hari untuk 5 materi pokok lomba yakni Aritmatika, Geometri, Number Theory, Logical Thinking, dan Combinatorik. Selama di Thailand, adinda Jocelyn didampingi ibundanya, dan Alhamdulilah tadi malam, Senin (08/04) sudah sampai di Lumajang. Terima kasih atas perhatian orang tua, sekolah, dan UPT Pendidikan Kecamatan Lumajang yang telah mendukung Jocelyn sepenuh hati,” tuturnya.

Lebih lanjut pria berusia 41 tahun yang berprofesi sebagai guru di SDN Tompokersan 3 ini menjelaskan padepokan Lereng Semeru adalah klub matematika dan IPA dari berbagai sekolah dasar di Lumajang yang bertempat di SDN Citrodiwangsan 1. Ia mengatakan, awal mula terbentuk nama padepokan Lereng Semeru karena setiap kali mengikuti lomba banyak yang tidak tahu dimana letak Kabupaten Lumajang.

“Akhirnya kita bilang gunung Semeru baru mereka paham. Berdiri sejak tahun 1999 dan sudah berhasil mencetak banyak anak didik berprestasi mulai tingkat provinsi, nasional, hingga internasional. Kami berkomitmen tetap membina anak didik dengan sistem membayar seikhlasnya, yang mana sebagian hasil iuran kita gunakan kembali untuk membantu membiayai anak didik mengikuti lomba,” tandasnya.

Muhammad Muchtar mengajak para orang tua, guru, dan kepala sekolah apabila berminat bisa bergabung dengan padepokan Lereng Semeru. Ia berharap nantinya para siswa-siswi yang telah mendaftar mendapatkan fasilitas dan penanganan yang sama untuk bisa berprestasi mengharumkan nama Lumajang dan bangsa Indonesia.

“Bagi para anak didik yang orang tuanya masuk kategori tidak mampu secara ekonomi tidak perlu kuatir. Silahkan bergabung bersama padepokan Lereng Semeru dan kita akan bantu fasilitasi,” imbuhnya.

Kedepannya Ia terus berharap doa dan dukungan masyarakat Lumajang. Sebab,  masih ada lomba Olimpiade matematika tingkat internasional yang akan diadakan di Korea, Singapura, dan Hongkong. Muhammad Muchtar mengatakan untuk puncak Olimpiade Matematika internasional digelar bulan Desember 2019 mendatang di Jepang yang bertajuk World International Mathematics Olympiad. (Yudha)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here