MINISERI LIMA EPISODE TERBARU HBO CHERNOBYL TAYANG 7 MEI EKSKLUSIF DI HBO GO DAN HBO

0
74

JAKARTA (suaramandiri.com)Tayang bersamaan waktunya dengan A.S. di HBO GO dan HBO pada Selasa, 7 Mei jam 08.00 WIB, CHERNOBYL menceritakan kecelakaan nuklir tahun 1986, salah satu bencana buatan manusia paling mengerikan dalam sejarah, dan berkisah tentang keberanian para pria dan perempuan yang dengan luar biasa mengorbankan diri guna menyelamatkan Eropa dari bencana yang tak terbayangkan, sambil berjuang melawan kesalahpahaman.

Tayang setiap Selasa jam 08.00 WIB, dengan penayangan ulang pada hari yang sama jam 21.00 WIB, eksklusif di HBO GO dan HBO, miniseri lima episode ini dibintangi Jared Harris (“The Crown”; nominasi EmmyÒ untuk “Mad Men”), Stellan Skarsgård (“Melancholia,” “Good Will Hunting”) dan Emily Watson (nominasi OscarÒ untuk “Hilary and Jackie” dan “Breaking the Waves”).

CHERNOBYL, produksi kerjasama HBO/Sky, ditulis, dibuat dan dengan executive producer Craig Mazin (“The Huntsman: Winter’s War”) dan disutradarai oleh Johan Renck (“Breaking Bad”); diproduksi oleh Sister Pictures, The Mighty Mint and Word Games sebagai mitra produksi HBO/Sky. Carolyn Strauss (pemenang Emmy® untuk “Game of Thrones”) dan Jane Featherstone (“Broadchurch”) sebagai executive producer; Johan Renck dan Chris Fry (“Humans”) sebagai co-executive producer; Sanne Wohlenberg (“Black Mirror”) sebagai producer.

Pada 26 April 1986, Chernobyl Nuclear Power Plant di Ukraina, Uni Soviet mengalami ledakan besar yang berakibat paparan materi radio aktif di seluruh Ukraina, Belarusia dan Russia, serta Skandinavia dan Eropa bagian Barat.

Jared Harris berperan sebagai Valery Legasov, ahli fisika nuklir ternama asal Soviet. Sebagai bagian dari tim penyelemat, ia adalah salah satu yang pertama menyadari telah terjadi suatu bencana yang luar biasa.

Stellan Skarsgård berperan sebagai Wakil Perdana Menteri Soviet Boris Shcherbina, yang ditugaskan oleh istana Kremlin memimpin tim pemerintah di Chernobyl beberapa jam setelah kecelakaan terjadi.

Emily Watson memerankan Ulana Khomyuk, ahli fisika Soviet yang berkomitmen mengatasi misteri penyebab bencana Chernobyl.

Miniseri ini juga dibintangi: Paul Ritter (“Lovesick”) sebagai wakit kepala insinyur Chernobyl Anatoly Dyatlov; Jessie Buckley (“Beast”) sebagai Lyudmilla Ignatenko, penduduk Pripyat yang menikah dengan pegawai pemadam kebakaran dalam tim penyelamat; Adrian Rawlins (“Harry Potter and the Deathly Hallows”) sebagai kepala insinyur Chernobyl, Nikolai Fomin; dan Con O’Neill (“Harlots”) sebagai direktur pabrik Viktor Bryukhanov.

Pemain lainnya antara lain: Sam Troughton (“The Ritual”), Adam Nagaitis (“The Terror”), Barry Keoghan (“Dunkirk”), Ralph Ineson (“Harry Potter and the Half-Blood Prince”), Mark Lewis Jones (“Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi”), Fares Fares (HBO’s “Westworld”) dan David Dencik (“McMafia”).

Penulis, pencipta dan executive producer Craig Mazin memulai riset tentang bencana Chernobyl pada 2014, melalui berbagai materi, seperti buku dan laporan pemerintah dari dalam dan luar Uni Soviet. Ia berdiskusi dengan para ilmuan nuklir guna mempelajari bagaiman cara kerja reaktor, dan mewawancara bekas penduduk Soviet untuk mendapatkan gambaran suasana pada tahun 1986.

Mazin juga membaca sejumlah tulisan dari orang-orang yang terlibat, membantunya menghadirkan potongan sesungguhnya dan sisi kemanusiaan dari kisah tersebut. Ia menjelaskan, ”Ketika Anda membaca kisah pribadi dari orang-orang yang hadir di sana – mereka yang tinggal dekat pabrik, mereka yang bekerja di pabrik, mereka yang dikirim sebagai bagian dari tim penyelamat Chernobyl – dalam tulisan mereka, di situlah kisah ini hadir secara nyata.”

Pengambilan gambar CHERNOBYL mengambil lokasi di Lithuania dan Ukraina, dengan tim kreatif seperti: director of photography Jakob Ihre (“Thelma”); production designer Luke Hull (“Howards End”); editor, Jinx Godfrey (“The Theory of Everything”) dan Simon Smith (“Endeavor”); costume designer Odile Dicks-Mireaux (“Brooklyn”); casting director Nina Gold dan Robert Sterne (keduanya peraih dua kali Emmy® untuk serial HBO “Game of Thrones”); dan composer Hildur Guðnadóttir (“Trapped”).

Ringkasan episode:

Episode 1: “1:23:45”

Tanggal tayang: Selasa, 7 Mei jam 08.00 WIB di HBO GO dan HBO

26 April 1986, Republik Sosialis Soviet Ukraina. Para pekerja pabrik dan pemadam kebakaran mengorbankan nyawa mereka untuk mengendalikan bencana ledakan mengerikan tahun 1986 di pabrik tenaga nuklir Soviet.

Ditulis oleh Craig Mazin; disutradarai oleh Johan Renck.

Episode 2: “Please Remain Calm”

Tanggal tayang: Selasa, 14 Mei jam 08.00 WIB di HBO GO dan HBO

Dengan jutaan risiko yang tak dapat dikatakan dari ledakan Chernobyl, ahli fisika nuklir Ulana Khomyuk (Emily Watson) menempuh perjalanan panjang menemui Valery Legasov (Jared Harris), ahli fisika nuklir Soviet ternama, dan memberi peringatan tentang ancaman ledakan kedua yang dapat menghancurkan benua itu.

Ditulis oleh Craig Mazin; disutradarai oleh Johan Renck.

Episode 3: “Open Wide, O Earth”

Tanggal tayang: Selasa, 21 Mei jam 08.00 WIB di HBO GO dan HBO

Lyudmilla Ignatenko (Jessie Buckley), penduduk Pripyat, mengabaikan peringatan terhadap kontaminasi pada suaminya – anggota pemadam kebakaran (Adam Nagaitis); Valery Legasov (Jared Harris) menyusun rencana dekontaminasi, lengkap dengan risiko pada manusia.

Ditulis oleh Craig Mazin; disutradarai oleh Johan Renck.

Episode 4: “The Happiness of All Mankind”

Tanggal tayang: Selasa, 28 Mei jam 08.00 WIB di HBO GO dan HBO

Valery Legasov (Jared Harris) dan Wakil Perdana Menteri Soviet Boris Shcherbina (Stellan Skarsgård) mempertimbangkan pengunaan kendaraan jelajah luar angkasa untuk menyingkirkan puing radio aktif, sementara Ulana Khomyuk (Emily Watson) berhadapan dengan larangan pemerintah untuk mengungkap kebenaran tentang penyebab ledakan.

Ditulis oleh Craig Mazin; disutradarai oleh Johan Renck.

Episode 5: “Vichnaya Pamyat” (finale)

Tanggal tayang: Selasa, 4 Juni jam 08.00 WIB di HBO GO dan HBO

Valery Legasov (Jared Harris), Boris Shcherbina (Stellan Skarsgård) dan Ulana Khomyuk (Emily Watson) mengorbankan nyawa dan reputasi mereka untuk memaparkan kebenaran tentang Chernobyl.

Ditulis oleh Craig Mazin; disutradarai oleh Johan Renck.

(mel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here