Menuju Tertib Administrasi Kependudukan di Malang

0
39

Suaramandiri .com (malang)      PLT Bupati malang akan meloncing GISA ( Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ) Gisa pertama kali di loncing di Riau pada awal tahun yang lalu. Dimana Gerakan ini adalah ikut sertanya masyarakat untuk sadar danpentingnya administrasi .

Administrasi yang berbasis Tehnologi Elektronika, sangatlah Fital dimana administrasi ini motto ” WAN MAN WAN NIK.” Program digital Indonesia terkait kependudukan satu orang dengan satu NIK. Kabupaten Malang besok sekitar jam 12.30. Akan melaunching GISA .

Dr. Sri Meicharini. MM. GISA ( Gerakan Indonesia Sadar Adminduk ) atau GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun Ekosistem sadar Adminduk,mulai lingkungan keluarga,   masyarakat,Pemerintah dan lembaga pengguna akan pentingnya administrasi kependudukan.

Sementara intruksi Mendagri No. 470/837/SJ. Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan , Kesadaran ditunjukkan dengan 4 Hal ,   Kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan,  Kesadaran akan pentinnya pemanfaatan data kependudukan   Kesadaran akan pentingnya pemutakhiran kependudukan dan  Kesadaran akan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiyakan.

Salah satu bentuk pendudukan pemerintah Kabupaten Malang program GISA adalah menargetkan 1 Kecamatan minimal harus terbentuk 1 desa/ Kelurahan sadar administrasi penduduk. Dan program Gisa ini amat tergantung pada partisipasi juga kesadaran masyarakat itu sendiri .

Sedangkan puncak dari GISA aalah terwujudnya Indonesia sadar administrasi penduduk, sehingga terwujud tertib administrasi sebagaimana amanat UU no. 23 tahun 2006 jo UU no. 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

GISA di Dalam Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil merupakan program dari PDIP ( Pemanfaatan Data Inovasi dan Pelayanan) program sosialisasi oleh Diyah Kusuma Hastuti ini merujuk aturan Permendagri dan UU kependudukan.

Dengan di Lauchingnya GISA di harapkan masyarakat Kabupaten Malang pada khususnya Sadar tentang Tertip Adminduk dan Bidang PDIP yang di pimpin Dyah Kusuma Hastuti bisa menciptakan inovasi-inovasi baru demi kemudahan pengurusan Administrasi Kependudukan  (osamah)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here