Kapolres Banjar Pimpin Olah TKP Kasus Pembakaran Lahan

0
26

Suaramandiri .com (Martapura)  – Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, SH., SIK., MH., memimpin langsung proses olah TKP pembakaran hutan dan lahan di Desa Tanah Abang, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Rabu (25/9).

Hadir juga dalam kegiatan itu Satgas Gakkum Karhutla Kabupaten Banjar beserta perwakilan dari perusahaan PTPN Danau Salak.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete mengatakan jika Anggota dari Polsek Matraman dibantu masyarakat setempat berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan, pada Selasa (24/9) kemarin.

Pelaku bernama Usai Balau (25) tertangkap basah membakar lahan perkebunan milik PTPN XIII Afdeling VIII yang berlokasi di Desa Tanah Abang RT 03 Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

Penangkapan berawal dari informasi masyarakat yang melihat nyala api disertai kepulan asap di lahan perkebunan karet.

Mendapat informasi tersebut, Kapolsek Matraman ditemani beberapa anggota dibantu masyarakat mencari pelaku pembakaran. Dan tidak jauh dari lokasi kebakaran didapati pelaku M. Husni Tamrin alias Usai.

“Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, Kapolsek Matraman beserta anggota segera menuju lokasi dan menemukan pelaku Usai di tempat kejadian,” kata Kapolres Banjar.

Kapolres Banjar menjelaskan, ketika dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian, pelaku mengaku memang dirinya yang telah membakar lahan perkebunan karet tersebut menggunakan mancis berwarna merah.

“Setelah dimintai keterangan oleh anggota Polsek Matraman, pelaku mengakui jika yang membakar lahan perkebunan karet itu adalah dirinya, dan ini sudah yang kedua kalinya dia melakukan pembakaran lahan,” jelas AKBP Takdir Mattanete.

Lebih lanjut dikatakan Takdir bahwa akibat dari perbuatan pelaku menyebabkan sekitar tiga hektare lahan yang mengalami kebakaran di dua lokasi yang berbeda.

“Sedikitnya sekitar tiga hektar lahan yang terbakar akibat ulah pelaku,” terang Takdir.

Kapolres mengatakan akan segera memberikan reward kepada masyarakat yang turut membantu pihak Kepolisian dalam menjaga lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya, reward itu sengaja diberikan bagi siapapun yang bersedia membantu Polres Banjar dalam mengatasi dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan juga bagi siapapun yang mau melaporkan jika mengetahui ada pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Banjar.

“Tentunya sesuai janji saya, Senin besok kami akan mengundang masyarakat yang telah memberikan informasi terkait pelaku pembakaran hutan dan lahan ini untuk menerima reward dari kami. Reward ini sebagai bukti keseriusan kami dalam menanggulangi karhutla, sekaligus sebagai rasa terimakasih kami atas bantuan masyarakat kabupaten Banjar dalam membantu upaya kami membebaskan seluruh wilayah kabupaten Banjar dari kabut asap yang disebabkan oleh karhutla,” tutur Takdir. ( Basori Adnan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here