Festifal Budaya Jepang Kaltim Ke-9

0
44

Suaramandiri .com (surabaya)   Festival Budaya Jepang “Nihon Bunkasai Ke-9” Kaltim 2018 digelar selama 2 hari, dari hari Sabtu – Minggu, tanggal 3 – 4 November 2018 di SMA Patra Dharma Balikpapan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jepang Kalimantan Timur dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya bekerjasama dengan Perhimpunan Alumni Dari Jepang (Persada) Kaltim dan Program Studi Kejepangan Universitas Airlangga Surabaya. Festival ini bertujuan untuk memperdalam pengertian dan minat masyarakat Kalimantan Timur terhadap seni-budaya Jepang serta memotivasi pembelajar bahasa Jepang di Kaltim baik di tingkat SMP maupun SMA sederajat  untuk meningkatkan semangat belajar serta kemampuan bahasa Jepangnya.

Berbagai lomba dan atraksi yang berkaitan dengan bahasa, seni dan budaya Jepang, antara lain : lomba pidato bahasa Jepang, cerdas-cermat, Karaoke dan lain sebagainya digelar dalam acara ini. Disini para pembelajar Bahasa Jepang masing-masing bergulat dan berjuang menunjukkan semua kemampuan hasil usaha pembelajarannya selama ini.  Selain itu dalam festival ini juga dimeriahkan dengan pemaparan beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT) untuk studi di Jepang, workshop shodo (seni kaligrafi Jepang) pengenalan budaya Jepang dan pemutaran film Jepang oleh Konsulat Jenderal Jepang, talkshow tentang pengalaman studi di Jepang oleh anggota Persada serta booth maupun presentasi pengenalan program studi Kejepangan Unair.  Orang Jepang yang tinggal di Kaltim pun ikut berpartisipasi dalam acara ini sehingga sekitar 250 peserta yang datang dari Balikpapan, Samarinda, Berau, Paser dan Tarakan-Kalimantan Utara pun menunjukkan minat yang tinggi terhadap Jepang serta dapat menikmati pertukaran yang akrab dengan orang Jepang.

Pada acara penutupan tanggal 4 November, mewakili Konsul Jenderal Masaki Tani yang berhalangan hadir, Konsul Muda Keigo Kashiwabara memberikan kata sambutan yang menyemangati para pembelajar bahasa Jepang di Kaltim (sekitar 4.500 orang) khususnya pelajar SMP-SMA sederajat yang hadir dalam acara ini serta berharap agar melalui acara seperti ini masyarakat Kalimantan Timur khususnya kawula muda dapat semakin memperdalam minat dan pemahamannya terhadap Jepang. Dan berpijak pada tahun ini yang merupakan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia, para peserta sekalian diharapkan di masa mendatang dapat berperan menjadi jembatan penghubung Jepang – Indonesia yang  berkontribusi bagi perkembangan hubungan persahabatan kedua negara. Kemudian beliau menutup acara ini dengan menyerahkan plakat juara, piagam penghargaan serta hadiah kepada masing-masing pemenang lomba.  (fud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here