DR.Abdul Salam, SH, MH Dikenal Tangguh Perjuangkan Nasib Rakyat Demi Kesejahteraan

0
342

 Suaramandiri .com (Bima)   Figur dan performens DR.Abdul Salam, SH,MH sudah sangat dikenal di kalangan warga Pulau Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya. Betapa tidak, pengacara kondang dan sukses di Kota Surabaya tersebut pernah menjabat ketua umum Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Bima – Dompu (IKPMBD) Wilayah Gerbang Kertosusila, Jawa Timur sampai periode 2013 dan kini menjabat ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Surabaya.

Sebagaimana telah diketahui , bahwa pria asal Bima, NTB yang meraih gelar Doktor bidang hukum di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada 2017 bersama koleganya DR.Adies Kadir,SH,MH yang duduk di DPR-RI periode 2014 – 2019 Dapil 1 Jatim (Surabaya, Sidoarjo) dari Partai Golkar selama memimpin IKPMBD telah berhasil menyatukan warga dan mahasiswa perantauan asal Pulau Sumbawa/NTB di wilayah Gerbang Kertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan) bahkan meluas sampai warga Pulau Sumbawa yang berdomisili di kota-kota bagian timur dan selatan Jawa Timur.

Dari dua organisasi sosial/kemasyarakatan dan organisasi profesi kepengacaraan yang diembannya itu, DR.Abdul Salam,SH,MH sudah banyak mengakomodir aspirasi, baik masalah kondisi kehidupan sosial maupun masalah yang terkait dengan pelaksanaan penegakan hukum di Indonesia pada umumnya, sehingga dari dua organisasi yang berbeda tersebut menjadikan modal besar bagi DR.Abdul Salam untuk kembali maju sebagai calon DPR-RI dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Daerah Pemilihan 1 NTB (Sumbawa, Dompu, Bima) Periode 2019 – 2024, dengan nomor urut pada susunan nama caleg DPR-RI dari Pulau Sumbawa. Ingat nomor urut 2 Golkar jaman dulu, maka pasti ingat nomor 2 Dr.Abdul Salam,SH,MH.

Sebelumnya pengacara yang sering membantu membela perkara-perkara orang tak mampu di Kota Surabaya dan Jatim itu pernah maju sebagai calon DPR-RI Dapil VI Jatim (Kediri, Blitar, Tulungagung) pada 2014, namun caleg DPR-RI periode 2019 – 2024 kelahiran Bima pada 1966 tersebut lebih memilih daerahnya sendiri untuk diperjuangkan di Senayan, Jakarta. Sebab, DR.Abdul Salam sudah banyak memahami karakteristik dan permasalahan masyarakat Pulau Sumbawa/NTB daripada daerah lain diluar propinsi itu.

Di suatu waktu di Surabaya kepada media ini DR.Abdul Salam,SH,MH mengatakan, bahwa dirinya maju sebagai calon DPR-RI Dapil 1 NTB dan jika dipilih untuk memperjuangkan aspirasi dan permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat Pulau Sumbawa harus diperjuangkan mati-matian secara professional, jangan bicara masalah politik sebab politik itu diketahui masyarakat banyak janjinya. “Buang jauh-jauh janji. Kita fokus perjuangkan keadaan masyarakat yang banyak membutuhkan perubahan agar maju dan sejahtera”, tandas DR.Abdul Salam.

“Saya menghindar dari janji-janji. Kita bicara yang nyata-nyata saja, apa yang sedang dihadapi masyarakat Pulau Sumbawa atau NTB, terkait kekurangan pembangunan, fasilitas, pelayanan, pertanian, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan hal-hal yang berkaitan langsung dengan kebutuhan publik, itulah yang kita angkat atau kita mainkan di Senayan nanti. Saya ini asli Bima, tak sekadar omong, tapi faktanya sangat dibutuhkan masyarakat Pulau Sumbawa”, terang DR.Abdul Salam,SH,MH yang berhasil mencetak sejumlah pengacara baru di Kota Surabaya tersebut.

Terbukti dengan nyata, pada menjelang akhir November lalu, DR.Abdul Salam,SH,MH terlihat sampai memborong sedikitnya 500 buah Kitab Suci Al-Qur’an di Surabaya sesuai permintaan masyarakat, tokoh masyarakat dan pimpinan pondok pengajian/pesantren di daerah-daerah Pulau Sumbawa. “Mereka banyak meminta Al-Qur’an, ya sekarang saya belikan. Itu bagus untuk anak-anak didik mereka. Dengan Al-Qur’an baru itu semangat mengaji anak-anak lebih tinggi lagi, warga-warga di kampung juga minta Al-Qur’an “, ujar DR.Abdul Salam,SH,MH dengan wajah berseri-seri.

Dikatakan DR.Abdul Salam, sebanyak 500 buah Al-Qur’an itu merupakan langkah awal dan semuanya akan dibagikan sesuai permintaan mereka. “Nanti menyusul lagi 1.000 buah Al-Qur’an, tim sukses saya yang membagikan ke masyarakat dan ke pondok-pondok atau guru ngaji-guru ngaji”, tutur Dr.Abdul Salam yang memiliki banyak anggota pengacara tersebar di Surabaya dan NTB tersebut.

Calon DPR-RI Dapil 1 NTB (Sumbawa, Dompu, Bima) dari Partai Perindo ini meyakinkan, jika dirinya dipilih masyarakat Pulau Sumbawa untuk duduk di kursi Senayan akan memperjuangkan pembangunan pertanian sebagai prioritas, membangun ekonomi kerakyatan yang dimulai dari pedesaan baru ke kota, pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelaksanaan  penegakan hukum (low infocement), sehingga masyarakat Pulau Sumbawa/NTB hidup berdampingan dengan sistem dan asas hukum yang berkeadilan, menghormati hak orang lain dan jauh dari penindasan serta kekerasan. (akerem/fud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here