Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Mencanangkan Program Seminasi Keamanan Pangan

0
44

Suaramandiri .com (malang)    Pada awal 2019 Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang mencanangkan program seminasi keamanan pangan yang meliputi sosialisasi bimbingan tehknis, terkait bahaya boraks, formalin dan residu pebtisida pada sayuran di sekolah mulai dari PAUD sampai SMA.

Sasaran sosialisasi mulai pendidikan usia dini sampai SMA sekabupaten Malang  Sedangkan uji terhadap jajanan sekolah pada kantin, para penjaja makanan di depan sekolah yang akan kita test secara berkelanjutan.

Dari sosialisasi tindak lanjutnya jika di temukan ada bahaya dalam makanan, kita melakukan pembinaan dan latihan ketrampilan terkait membuat makanan yang layak konsumsi, sehat, dan aman, sebagai tindak lanjut kegiatan akhir tahun 2018. Kegiatan ini koordinator Kecamatan khususnya di intansi pendidikan Lanjut kepala Dinas Nasri.

Kepala dinas dengan S2 lulusan Australia ini optimis dalam 1 tahun jika setiap koordinator ada sampling makanan yang layak komsumsi dan sehat maka dalam 3 tahun program itu akan terealisasi 90 % terlaksana dengan baik.

Ir. M. Nasri Abd. Wakhid, M. Eng.Sc. Kita mengacu pada data BPOM tahun 2008 s/d 2010 yang menunjukkan 40% s/d 45% produk jajanan anak sekolah belum memenuhi syarat mutu kesehatan dan keamanan pangan layak komsumsi. Karena mengandung bahan bahaya pewarna,Radomi B yang bisa mengganggu fungsi liver dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kangker.  (usamah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here