Bambang Haryo : Pemerintah Harus Masif Sosialisasikan Empat Pilar

0
80

Suaramandiri .com (surabaya)    – Anggota MPR Fraksi Partai Gerindra, Ir. H. Bambang Haryo Soekartono menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) di ruang Bougenville lantai 13 Gedung Bumi Mandiri, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Sabtu (16/2).

Acara tersebut juga dihadiri pakar hukum Prof. Dr. Sam Abede Pareno dari Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) dan sejumlah Mahasiswa dari perguruan tinggi Surabaya serta dari berbagai elemen masyarakat Surabaya.

 Dikatakan Bambang Haryo, sosialisasi Empat Pilar sangat penting dilakukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Peran pemerintah dalam mensosialisasikan empat pilar menurut Bambang Haryo sangat penting, karena itu sudah menjadi kewajiban pemerintah.

 “Pemerintah wajib mensosialisasilam empat pilar kepada masyarakat, khususnya kepada generasi muda, agar mereka paham tentang fungsi utama empat pilar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Bambang Haryo kepada wartawan usai acara sosialisasi empat pilar.

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra yang juga maju dalam pemilihan legislatif DPR RI Dapil I Jatim itu menjelaskan, empat pilar harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya Surabaya.Menurutnya, masyarakat sekarang banyak yang sudah terpengaruh budaya asing, untuk itu sosialisasi empat pilar ini perlu lebih dimaksimalkan lagi, agar karakter masyarakat Indonesia perlu dikembalikan lagi sesuai pedoman empat pilar.

“Sekarang ini karakter masyarakat Indonesia mulai banyak yang jauh dari pedoman empat pilar, penyebabnya pun sangat banyak, salah satunya adalah pengaruh budaya asing, untuk itu kegiatan sosialisasi empat pilar ini perlu terus ditingkatkan hingga menyentuh seluruh pelosok masyarakat, khususnya yang berada di Surabaya,” jelasnya.

Bambang Haryo mengimbau kepada pemerintah, khususnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar memerintahkan lembaga pemerintahan yang ada agar lebih gencar melakukan sosialisasi empat pilar.

 Menurutnya, jika sudah berani menyebut “Saya Pancasila” harusnya mengerti dan memahami apa arti dari Pancasila itu sendiri, dan selalu aktif melakukan sosialisasi empat pilar di kalangan masyarakat.

“Presiden Jokowi jika mengaku ‘Saya Pancasila’ harusnya mengerti betul makna Pancasila, serta secara masif memberikan sosialisasi empat pilar melalui lembaga pemerintahan yang ada, seperti yang kami lakukan saat ini,” tutur Bambang Haryo. ( Hery Setia/fud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here