Jaring Balap Liar, Satlantas Polres Banjar Amankan 38 Remaja

0
50

Suaramandiri .com (Martapura)    – Satuan Lalu Lintas Polres Banjar yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP Indra Agung Perdana Putra S.I.K., M.H., menjaring sebanyak 30 sepeda motor yang digunakan dalam aksi balap liar di Jalan Gubernur Subarjo, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Minggu (25/8/2019).

“Kami amankan sebanyak 30 sepeda motor beserta 38 orang dari aksi balap liar di Jalan Gubernur Subarjo arah Pelabuhan Trisakti. Semua ini berdasarkan laporan masyarakat sekitar yang merasa resah atas adanya aksi balap liar didaerah tersebut,” kata Indra, saat konferensi pers di Halaman Mapolres Banjar, Senin (26/8).

Indra menyebutkan, para pelaku balap liar tersebut juga terkadang usil terhadap para pengguna jalan yang melintas dikawasan tersebut. Bahkan ada sekelompok remaja yang terlibat dalam aksi balap liar itu untuk memberhentikan para pengguna jalan agar aksi balap liar itu berjalan lancar.

Saat dilakukan razia, kata Indra, banyak yang mencoba melarikan diri serta mengelabui polisi dengan cara hanya menjadi penonton saja. Bahkan juga ada pelaku balap liar yang menutupi kendaraannya dengan tumpukan daun agar bisa lolos dari kejaraan polisi.

“Dalam razia kemarin, yang bersangkutan juga mengaku bahwa hanya menonton saja. Yang perlu digaris bawahi penonton pun juga bisa kita kenakan sanksi terkait dengan balap liar,” tegasnya lagi.

Pemilik motor yang terjaring razia itu rata-rata tidak bisa menunjukan kelengkapan surat kendaraan saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

“Dari hasil razia kemarin, pelaku balap liar beserta barang bukti tersebut, kami amankan di Mapolres Banjar. Untuk para pelaku balap liar, kami berikan pengarahan serta kami lakukan pendataan dengan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi aksi balapan liar kembali, kemudian kami serahkan kepada keluarganya masing-masing,” tambahnya.

Indra menjelaskan, jika nantinya para pelaku balap liar ingin mengambil motornya kembali, harus melalui proses tahapan yang telah diberlakukan.

Dalam pelaksanaan razia tersebut, Indra mengerahkan personilnya sebanyak 22 anggota Satlantas, beberapa diantaranya menggunakan pakaian preman, serta anggota gabungan dari Polsek Kertak Hanyar sebanyak 10 personil. (Basori Adnan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here