Minggu, 11 Maret 2018 15:26

Persatuan Jurnalis Indonesia Baksos, Bagi 400 Paket Sembako

Suara Mandiri.com (Surabaya) – Kepedulian terhadap warga masyarakat yang kurang mampu diwujudkan oleh Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI), Minggu (11/3), di pendopo Kelurahan Sidosermo, melalui pembagian 400 paket sembilan bahan pokok (sembako). Kegiatan bakti sosial (baksos) yang masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 ini diselenggarakan dengan menggandeng sejumlah pihak/ instansi di Jawa Timur atau Surabaya. Diantaranya adalah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komando Daerah Militer (Kodam) V/ Brawijaya, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pemerintah Kota Surabaya, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Jatim dan BNN Kota Surabaya.

Para penerima bantuan sembako adalah keluarga miskin, yatim piatu, penarik becak, pemungut sampah, janda veteran, janda wartawan atau golongan kurang mampu serta pendiri PJI. Kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJI Hartanto Boechori, sembako yang dibagikan sebanyak 400 paket masing-masing berisi beras, gula, minyak goreng dan mie instant. “Itu semua merupakan bantuan dari instansi atau lembaga serta sumbangsih seluruh anggota PJI,” ujarnya usai acara.

Sebelumnya para undangan yang hadir memberikan sambutan antara lain yang mewakili Pangdam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman berpesan, agar PJI melaksanakan perannya dengan menjunjung kebebasan pers dalam menyampaikan informasi publik secara jujur dan berimbang. Memegang teguh Kode Etik Jurnalistik, menjunjung tinggi kebenaran, menghormati privacy orang serta bertanggung jawab.

Sementara yang dari BNN menceritakan pada seluruh hadirin agar lebih intens untuk mengawasi anggota keluarganya. Pasalnya, narkotika dan sejenisnya telah merambah kemana-mana. Dunia pendidikan maupun lingkungan keluarga. Para pencandu narkoba akan melakukan berbagai macam cara untuk membeli barang haram tersebut, misalnya dengan mencuri atau menjadi kurir. “Maka itu, bila ada anggota keluarga yang sudah kecanduan silakan melaporkan diri, untuk kemudian diberikan rehabilitasi. Tetapi kalau tidak pernah melaporkan diri, nanti dapat dikenai sanksi hukum,” demikian pesan BNN kepada sekitar 100-an undangan yang memenuhi pendopo Kelurahan.

Usai sambutan, penyaluran paket sembako diserahkan secara simbolis kepada beberapa penerima bantuan yang menurut pihak Kelurahan Sidosermo telah diseleksi berdasarkan data keluarga miskin. Dan para penerima bantuan lainnya diminta antri untuk mengambil paket sembako dengan menunjukkan kupon masing-masing. Sembako juga akan diserahkan kepada sejumlah panti asuhan, yatim piatu dan lembaga-lembaga sosial lainnya.(iwan / mahfud)               

 

Read 559 times Last modified on Minggu, 11 Maret 2018 15:29

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

4577035
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
1212
2334
54136
4577035

Your IP: 54.81.76.247
Server Time: 2018-07-16 11:29:04