Selasa, 17 Oktober 2017 19:12

Pagelaran Wayang Wahyu Titah Pinilih Sambut HUT Jatim ke-72

Adegan Tanding Petruk dan Sengkuni. Adegan Tanding Petruk dan Sengkuni.

Suara Mandiri.com (Surabaya) – Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur senantiasa dimeriahkan dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk. Untuk Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-72 ini, pagelaran wayang kulit diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) dengan Dalang Ki Soenarjo. Oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur ini, lakon Wahyu Titah Pinilih seolah menjadi gambaran yang tepat mengenai situasi masa kini, yakni menjelang Pemilihan Gubernur maupun Pemilihan Presiden.

Pagelaran dibuka oleh Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar yang sekaligus menyampaikan sambutan, bahwa peringatan HUT Provinsi Jatim ke-72 ini menjadi momen yang amat menggembirakan karena adanya sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat. Salah satunya adalah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas keberhasilan dalam mengelola anggaran daerah dengan tertib dan benar. Juga penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha oleh Menteri Dalam Negeri mewakili Presiden Republik Indonesia. “Ini semua berhasil diraih berkat kerja keras semua pihak, termasuk dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Timur. Selamat!” ujarnya disambut tepuk tangan sekitar 1.000-an penonton.

Dalam rangka peringatan Hari Jadi, lanjutnya, diselenggarakan pula berbagai event di 11 daerah/ lokasi, sebagai perwujudan peningkatan peran serta masyarakat di bidang budaya maupun kesenian. “Untuk mengisi seluruh kegiatan ini, wajib memanfaatkan potensi-potensi lokal. Tidak boleh menggunakan yang dari luar Jatim,” kata Halim menutup sambutan, sebelum kemudian menyerahkan wayang Gunungan kepada Ki Dalang sebagai tanda dimulainya pagelaran.

Dan diiringi bunyi gamelan pembuka yang ditabuh bertalu-talu, Ki Soenarjo diiringi asistennya yang juga dalang, Ki Surono, kemudian mengambil posisi untuk segera memulai pertunjukan. Seperti menjadi ciri khasnya, dalang yang mantan Sekretaris Wilayah Daerah (Sekwilda) Jatim ini mengawali pertunjukannya dengan mengetengahkan gambar atau potret tentang masalah-masalah sosial yang terjadi di negeri ini, seperti tabrak lari, pencurian, perkosaan, narkoba, minuman keras serta sejumlah penyakit masyarakat lainnya. Inilah barangkali realita yang mesti dihadapi oleh para calon pemimpin masa depan, terutama Gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun mendatang.

Lantas, mengalirlah cerita Wahyu Titah Pinilih ini. Diawali munculnya tokoh Petruk –salah satu putera Semar—yang akan mencalonkan diri pada pemilihan Senapati Amarta. Tentu saja ayahandanya memberi restu disertai beberapa pesan. Pada adegan ini sorak penonton yang memadati halaman TBJT berkumandang tatkala Ki Dalang nyeletuk, bahwa Gus Ipul juga minta restu kepadanya untuk maju mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur mendatang. “Lha kok njaluk restu nang aku. Wong biyen kae aku dikalahne kok. Piye to karepe iki (Kok Minta restu saya. Dulu saja aku dikalahkan sama dia. Bagaimana maksudnya ini)?” katanya menyeritakan ironi yang dialaminya terkait dengan Pemilihan Gubernur lalu, dimana Soenarjo yang turut mencalonkan diri terpaksa harus mengakui keunggulan pasangan Soekarwo dan Gus Ipul.

Semakin malam, pagelaran pun berlangsung meriah. Apalagi saat Kirun dan Marwoto tampil dalam babak Limbukan. Keduanya yang merupakan pelawak senior mengocok perut penonton melalui materi-materi lawakannya. Begitu pula saat keduanya tampil kembali pada babak Goro-goro sekitar pukul 02.00 dini hari. Ini kali keduanya menggunakan custom punakawan –putera-putera Semar dari Karang Tumaritis.

Di sela-sela pagelaran, Ki Dalang Soenarjo juga memberi kesempatan para penyaji hiburan lainnya, seperti tim Paduan Suara dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) IX yang merupakan binaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, tari-tarian dan penampilan para biduan.           

Dirgahayu Provinsi Jawa Timur.(iwan/mahfud)

 

Read 285 times Last modified on Selasa, 17 Oktober 2017 19:16

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3822375
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
485
1532
46842
3822375

Your IP: 54.196.47.128
Server Time: 2017-11-25 07:01:28