Minggu, 27 Agustus 2017 18:05

Dandim 0824 Ikuti Karnaval Tradisional Pandhalungan Jember

Rate this item
(0 votes)

Suaramandiri .com (Jember)  Pada Sabtu 26-08-2017 mulai Pukul 14.00 Wib di Gedung Serbaguna GOR PKPSO Jember dilaksanakan Karnaval Tradisional Pandhalungan Jember 2017 dalam rangka HUT Ke72 Kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatann tersebut diikuti sekitar 5.000 lebih warga masyarakat Jember dengan berbagai pakaian tradisional khas Pandhalungan.

Istilah Kota Jember menjadi Kota Pandhalungan sudah tidak asing lagi karena Kabupaten Jember sendiri terbentuk oleh padatnya arus pendatang yang bermukim di Jember sejak jaman penjajahan dahulu, sehingga memiliki budaya perpaduan dari daerah berlainan dan dinyatakan oleh masyarakat sebagai budaya pandhalungan.

Hal tersebut sangat Nampak sekali pada Karnaval Pandhalungan yang dilaksanakan tersebut walaupun tidak seheboh Jember Fashion Karnaval, namun Karnaval Pandhalungan sendiri mendapatkan sambutan cukup antusias dari masyarakat Jember, hingga Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto pun ikut turun menjadi peserta karnaval dengan busana ala pejuang lengkap dengan sepeda kunonya, dan ajang tersebut dijadikan lomba kreativitas masyarakat.

Acara yang dibuka dan dilepas oleh Bupati Jember dr. Hj Faida MMR tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Jember, tampak hadir pula Wakil Bupati Jember Drs A Muqit Arif, dalam sambutannya Bupati Jember menyampaikan  bahwa karnaval ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi bagi potensi-potensi daerah dan kedepan karnaval ini akan dikolaburasikan dengan para ahli, seniman, budayawan dan lain-lain sehingga karnaval ini dapat dikemas dengan lebih baik lagi.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto  yang tanpa canggung-canggung hadir dengan pakaian pejuang tersebut cukup mengagetkan sekaligus  mendapatkan sambutan hangat dari segenap Forkopimda Jember.

Dalam wawancaranya Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa dirinya sangat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Jember yang menyelenggarakan  karnaval seperti ini, disamping dalam rangka memperingati HUT RI Ke 72 dengan kegiatan yang kreatif ini sekaligus mampu membangkitkan kreatifitas masyarakat.

Saya sengaja memakai pakaian seperti ini dan ikut jalan dengan peserta lainnya tentunya disamping memberikan motivasi kepada peserta, saya  ingin menyampaikan pesan moral kepada masyarakat khususnya generasi bangsa, bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah bangsa, Indonesia merdeka dari hasil jerih payah perjuangan para pahlawan bangsa.

Lebih lanjut Letkol Inf Rudianto mengajak generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk lebih mencintai tanah air Indonesia, untuk memantapkan jiwa patriotisme masyarakat sebagai pewaris perjuangan para pahlawan, mari kita isi kemerdekaan ini dengan prestasi, dengan pembangunan dan dengan hal-hal positif untuk masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik serta untuk menjaga tetap tegaknya NKRI. Merdeka….! (sis24/fud)

  

 

Read 125 times Last modified on Minggu, 27 Agustus 2017 18:12

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3508474
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
3711
10880
192721
3508474

Your IP: 54.158.248.167
Server Time: 2017-09-22 09:44:45