Selasa, 04 Juli 2017 23:25

Amanah Kebersamaan Dalam Pembukaan TMMD Ke-99 Di Kecamatan Wajak

Rate this item
(0 votes)

Suaramandiri .com (malang)   Semangat kegotongroyongan TNI dan rakyat kembali diusung pada pembukaan TMMD ke-99 yang dilaksanakan di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Bupati Malang bertindak sebagai inspektur upacara yang juga dihadiri oleh Danrem 083/BDJ Kolonel Arm. Budi Eko Mulyono tersebut.

“Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, kita percepat pembangunan didaerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI” adalah tema yang diangkat pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa kali ini yang melibatkan 250 orang gabungan dari personel TNI, Kepolisian, Pemerintah daerah serta instansi terkaitnya dan keterlibatan warga masyarakat. Hal ini selaras dengan amanat Gubernur Jawa Timur yang dibacakan oleh Dr. H. Rendra Kresna bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral perpaduan semua unsur dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan serta percepatan pembangunan dan akselerasi didaerah sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan dan wawasan kebangsaan di masyarakat.

Keterlibatan semua unsur dalam kegiatan TMMD ini juga memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara di wilayah wilayah terpencil. Tujuan mulia ini juga diungkapkan dalam amanat Gubernur Jatim tersebut,” Program TMMD memiliki arti dan peran strategis dalam membangkitkan kembali semangat kebersamaan dan gotong royong serta nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa yang dilaksanakan secara terintegrasi”. Dilanjutkan lagi bahwa,” Pada hakikatnya (TMMD) merupakan wujud nyata dari penerapan budaya gotong royong suatu budaya bangsa yang telah terbukti memiliki benang merah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan dan keamanan serta kemajuan bangsa”.

Secara terpisah Bupati Malang juga mengatakan bahwa percepatan pembangunan didaerah terpencil dan membangun semangat kebersamaan dalam kegiatan TMMD merupakan sasaran yang hendak dicapai dalam program ini. “Terjadi percepatan pembangunan didaerah khususnya Desa Sumber Putih ini karena dengan TMMD kegiatan ini didorong dengan kebersamaan dan kegotongroyongan TNI dan masyarakat serta pemerintah daerah”, jelasnya.

Disampaikannya lebih lanjut bahwa target TMMD diwilayah Kabupaten Malang tersebut untuk meningkatkan akses yang ada di desa. “Targetnya di Desa Sumber Putih ini terjadi peningkatan aksesbilitas juga perbaikan-perbaikan terhadap sarana dan prasarana kebinamargaan yang sudah ada”, Katanya.

Seperti halnya pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya bahwa tidak semata pembangunan fisik namun juga pembangunan karakter bangsa berupa pembangunan non fisik seperti penyuluhan-penyuluhan kebangsaan dan bidang lainnya yang dipandang perlu bagi masyarakat di lokasi TMMD.

Terkait dengan isu-isu kebangsaan yang akhir-akhir ini marak menjadi pemberitaan, Danrem 083/BDJ Kolonel Arm. Budi Eko Mulyono menyampaikan, ”Paling penting sasaran nonfisik karena saat ini sedang demamnya masalah (isu) terkait Pancasila yang menjadi focus kita supaya masyarakat disini memiliki kemampuan deteksi dini sehingga nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”. (fud)

 

Read 66 times Last modified on Selasa, 04 Juli 2017 23:31

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3016261
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
1114
4069
150257
3016261

Your IP: 54.92.180.46
Server Time: 2017-07-24 05:44:44