Rabu, 07 Juni 2017 16:02

Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Arh Surya Dani Hadiri peresmian Patung Bung Karno Putra Sang Fajar

Rate this item
(0 votes)
Suaramandiri .com (Blitar)   Bertepatan dengan 6 Juni yang merupakan hari lahir Bung Karno,  Pemerintah Kota Blitar meresmikan patung Bung Karno Putra Sang Fajar, 
 
Bertempat di jalan Soedanco Soeprijadi atau di pertigaan Herlingga Kota Blitar.  Peresmian patung yang berada tepat di samping jembatan merah putih tersebut dihadiri langsung Presiden ke V RI Megawati Soekarno Putri, dan beberapa kepala daerah di Indonesia.
 
Dalam sambutanya Walikota Blitar mengatakan,  peresmian patung Bung Karno Putra Sang Fajar tersebut merupakan momentum yang sangat istimewa dan berbeda. 
Karena di bulan Juni tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan,
 
"Momentumnya sangat tepat karena bulan Bung Karno tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan ampunan.  Istimewanya lagi peresmian patung Bung Karno Putra Sang Fajar diresmikan langsung oleh presiden ke V RI ibu Megawati yang juga keturunan dari Bung Karno, " tutur Samanhudi, Selasa (06/06).
 
Kata Samanhudi pendirian patung Bung Karno tersebut merupakan wujud rasa cinta warga Kota Blitar kepada presiden pertama Indonesia itu.
 
Dengan berdirinya patung Bung Karno Putra Sang Fajar tersebut menurut orang nomer satu di Kota Blitar itu semakin menegaskan jika Kota Blitar pantas disebut sebagai Kota Proklamator Bumi Bung Karno.
 
,,Patung  yang dibangun di pintu masuk sebelah timur Kota Blitar tersebut merupakan patung Bung Karno kelima yang ada di Kota Blitar. 
 
Dan diberi nama patung Bung Karno Putra Sang Fajar karena berdiri kokoh menghadap timur, Empat lainnya diantara di Istana Gebang,  di Kantor Pemkot Blitar,  di makam Bung Karno, kemudian di perempatan jalan Sumatra Kota Blitar.
 
Pada kesempatan itu Samanhudi juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah yang menetapkan 1 Juni sebagai peringatan hari lahir Pancasila. 
 
 "Lima patung tersebut memiliki makna lima sila dalam Pancasila,  yang merupakan dasar negara Indonesia yang tak tergantikan, tegasnya,,
 
Sementara Megawati Soekarno Putri menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kota Blitar yang telah memberikan tempat istimewa kepada Bung Karno.  Salah satunya dengan mendirikan patung Bung Karno Putra Sang Fajar. Megawati juga mengajak seluruh masyarakat untuk meneladani Bung Karno.  "Tentunya jangan cuma ada patungnya saja.  Namun kita semua juga harus meneladani beliau, " ungkap Megawati.
 
Lebih lanjut Megawati juga mengajak dengan momentum peringatan hari lahir Pancasila semua warga Indonesia harus kembali menjadikan dasar negara tersebut sebagai pegangan hidup berbangsa dan bertanah air. Bahkan ia mendorong agar Pancasila dimasukkan ke dalam kurikulum. Agar tercipta generasi muda yang mengetahui sejarah bangsanya dan memiliki pegangan untuk berpikir luas. Kita punya dasar negara yang jelas yaitu Pancasila, agar tidak mudah terpecah belah. Agar generasi muda memiliki pegangan berpikir lebih luas, " terangnya.
 
Semua undangan nampak antusias mengikuti peresmian patung Bung Karno Putra Sang Fajar, Disekeliling lokasi ratusan warga Kota Blitar juga terlihat ikut menyaksikan peresmian.
 
Untuk diketahui patung Bung Karno Putra Sang Fajar tersebut memiliki ketinggian 9 meter dengan berat 5 ton dan berlapis perunggu setebal satu sentimeter. 
 
Pembangunan patung Bung Karno Putra Sang Fajar sendiri dilakukan selama delapan bulan dan dimulai pada tahun 2015 lalu.(amrin08/fud)
Read 128 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3244851
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
2263
10353
176368
3244851

Your IP: 54.81.231.226
Server Time: 2017-08-23 05:34:41