Pelaksanaan Surabaya Nihon Matsuri 2019

0
73

Suaramandiri .com (surabaya)  Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya bersama dengan Furinkazan (Komunitas Penggemar Jepang), IJBNet (Organisasi Bisnis Jepang Indonesia), Mahesa Production (Event Organizer) pada tanggal 9-10 Maret 2019 telah melaksanakan festival budaya Jepang “Surabaya Nihon Matsuri 2019” bertempat di Food Society, Pakuwon Mall, Surabaya.

Acara ini dibuka oleh Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Bapak Masaki Tani, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Timur Bapak Sinarto,serta Marketing Manager Pakuwon Mall Bapak Sutandi Purnomosidi. Acara ini telah menarik sekitar 2000 pengunjung dalam 2 hari.

Pada panggung utama Surabaya Nihon Matsuri 2019 ini para warga Jepang ikut tampil dalam tarian Soran oleh siswa-siswi Surabaya Japanese School (SJS), penampilan Fashion Show Yukata oleh warga Jepang di Surabaya, Paduan suara Lagu-lagu Kai serta penampilan Yamaha East Wind Orchestra di hari pertama. Pada hari kedua acara diisi oleh Workshop Senam Lift-Up pinggul oleh Istri Konjen, Ibu Miwako, Demonstrasi penataan rambut dan tata rias oleh Salon de Aoyama, serta demonstrasi Kendo oleh Asosiasi Kendo Surabaya. Selain warga Jepang banyak pengisi acara lain dari Surabaya seperti penampilan juara festival Yosakoi ke-16, Chandik Ayu, penampilan Taiko dari UNESA, demonstrasi Chanoyu oleh UNITOMO, Talkshow mengenai ekspor ke Jepang oleh IJBNet, serta demonstrasi Aikido.

Penampilan utama pada acara ini dimeriahkan oleh Genki, komedian asal Jepang yang banyak tampil di Jakarta, serta Ica Zahra, pemenang kompetisi tarik suara Nippon Television. Selain itu terdapat booth perkenalan budaya Jepang oleh relawan warga Jepang, booth konsultasi gigi gratis oleh Perkumpulan Alumni dari Jepang (PERSADA Jatim), serta dukungan dari sponsor maupun booth  dari perusahaan Jepang maupun Indonesia yang menjual beraneka ragam kuliner dan souvenir.

Para pengunjung tidak hanya dari kalangan mahasiswa namun juga keluarga, serta baik pembelajar bahasa Jepang maupun masyarakat umum menikmati acara yang diselenggarakan selama 2 hari ini.

Rangkaian kegiatan Surabaya Nihon Matsuri ini diawali dengan mendatangkan band pemusik tradisional Jepang di UNTAG dan ITS pada 4 Maret lalu, dilanjutkan dengan acara utama yaitu Festival Kebudayaan Jepang di Pakuwon Mall, diikuti dengan Pemutaran Film Jepang pada 14 Maret 2019 di UNTAG dan 15 Maret 2019 di C2O Library& Collabtive. Informasi lebih lengkap terdapat pada Instagram @sby_nihon_matsuri.  (fud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here