Rabu, 07 Februari 2018 17:33

PPLP Persiapkan Kantor di Area “Gudang Api” Nilam Barat

Suara Mandiri.com (Surabaya) – Setelah 5 tahun terbengkalai semenjak tuntas pembangunannya pada tahun 2013, gedung milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Surabaya dipersiapkan untuk ditempati. Sekitar 30-an pegawai PPLP dikerahkan untuk membersihkan halaman dan gedung yang terletak di Jalan Nilam Barat (“gudang api”) tersebut. Dipimpin Kepala Urusan Tata Usaha, Pujo SE, pembersihan dilakukan selama sehari penuh. “Beberapa hari lalu sudah kita bersihkan bersama-sama. Untuk persiapan nanti apabila kantor memang mau ditempati,” ungkapnya sembari memperlihatkan foto kegiatan bersih-bersih itu. Sayangnya, banyak fasilitas gedung dan kelengkapannya yang hilang karena terlalu lama mangkrak, seperti stop kontak lampu, kaca beserta lisnya, wastafel dan masih banyak lagi.

Gedung ini memang dipersiapkan sebagai kantor PPLP Kelas II Surabaya yang dibangun dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 3,4 milyar. Namun setelah pembangunannya dinyatakan selesai, kantor PPLP yang tugasnya melakukan patroli laut dan pantai sampai ke kawasan Indonesia Timur ini tak kunjung dipindahkan ke sana dari Jalan Prapat Kurung Utara Nomor 2, Surabaya (kantor sekarang).

Menurut Pujo, beberapa hari lalu Komandan PPLP Wawan SE bersama dirinya diundang rapat di kantor pusat PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, membahas masalah kepastian penempatan gedung. Kesimpulan rapat ada 2 alternatif, yakni tetap di area “gudang api” atau dicarikan lokasi lain yang berdekatan dengan laut untuk pangkalan kapal-kapal patroli. “Lokasi di sana itu sudah tercatat dalam asset Perhubungan. Kalau memang tetap mau di sana tentu dengan sejumlah pertimbangan, misalnya RIP (Rencana Induk Pelabuhan – red) 2017. Begitu juga kalau mau direlokasi ke tempat lain pun ada pertimbangan-pertimbangannya, misal melalui penghapusan aset,” ujar Pujo.

Rapat lebih jauh direncanakan Selasa (20/2) di kantor pusat PT Pelindo III. Para pihak yang hadir diantaranya Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Setditjenhubla) Kementerian Perhubungan, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), PT Pelindo III, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak serta PPLP Kelas II Surabaya. (iwan / mahfud)               

Read 408 times Last modified on Rabu, 07 Februari 2018 17:46

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

4048805
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
143
3391
71655
4048805

Your IP: 54.226.76.27
Server Time: 2018-02-25 00:43:31