Kamis, 09 November 2017 20:46

Kegiatan pengiriman barang ke kapal pelni beraroma pungutan siluman

Suaramandiri.com  (surabaya)    -Pengiriman barang dari pelabuhan Tanjung Pearak Surabaya keberbagai pelabuhan di Indonesia timur masih di dominasi kapal kapal Pelni,selain cepat cenderung lebih aman dan waktu pelayaran nya juga lebih singkat bila di bandingkan dengan waktu tempuh kapal barang lainnya. Namun tidak semua Ekspedisi atau shipper yang bisabermain di SBN atau Pelni karena kapasitas muat barang curah di  kapal kapal pelni ini terbatas,sebab kapal ini bukan murni kapal barang,melainkan kapal penumpang yang sebagian dapat di muati barang curah pada tempat tempat tertentu sepanjang tidak mengganggu kenyamanan penumpang di atas kapal. Salah satu nya adalah KM.Nggapulu sandar di dermaga kapal penumpang Jamrud hari kamis (9/11) sekitar jam 12 siang. Kegiatan pengiriman barang oleh Ekspedisi rekanan Pelni mulai memasukkan barang barang curah dengan menggunakan  alat angkut seadanya yang didominasi kendraan pikup,keluar masuk dermaga melalui pintu laut samping terminal penumpang, kemudian barang Curah Campur ini di tumpuk di dermaga lalu di naik kan keatas kapal sebagian diangkut orang (di Pikul) melalui tangga penumpang dan sebagian lagi naik ke kapal melalui  crane.

Sepintas kegiatan keluar masuk kenderaan  truk maupun pik up di pintu masuk portal dermaga Jamrud berjalan biasa saja,namun kalau di perhatikan secara seksama tampaknya  ada transaksi kilat yang di duga salam temple dari sopir kepada oknum petugas tak berseragam dan ada juga sopir yang hanya menyebut nama pemilik barang atau Ekspedisi tertentu maka kendraan pun di ijinkan masuk ke dermada tentu sudah ada hitungannya.

Menurut beberapa  sumber yang di temui di lapangan menyebutkan bahwa shipper maupun  Ekspedisi dikapal Pelni tidak kaget dengan pungutan oleh oknum oknum tersebut,karena saling membutuhkan,di sisi lain Ekspedisi atau Shipper ini juga belum sepenuhnya tertib secara administrasi maupun dalam hal ketentuan standar  operasional yang berlaku,sehingga terjalin hubungan mesra ujarnya,tapi tidak semua petugas berani terima uang dari shipper mereka juga takut kena saber pungli,yang mendominasikan oknum yang BKO di kantor Otoritas Pelabuhan dan di tempatkan di gapura oleh Otoritas pungkasnya.  Terkait aroma pungli yang makin semerbak pada kegiatan kapal KM.Nggapulu dan kapal Pelni lainnya, GM PT.Pelni Cabang Surabaya Presda simangasing belum bisa di konfirmasi,bapak belum datang mungkin nanti sore pada saat Embargasi beliau biasanya pasti datang dan stanbay di tangga kapal ini ungkap salah satu stafnya di lapangan.

Menurut sumber lain menuturkan,bahwa ada beberapa ekspedisi yang beroperasi di kapal kapal pelni,seperti : Tual Ekpres,SBT Srmn,Borokah,Gemilang,dan Alvin Jaya. Di luar  ini juga masih ada perorangan yang aktif mengirim barang  khususnya kapal tujuan Makasar,bau bau,Ambon,Banda,Kaimana danseterusnya tujuan pelabuhan Indonesia timur. Namun selain group  ekspedisi ini sangat  sulit masuk kegiatan di kapal pelni,saya pernah di suruh bos untuk mengirim barang 4 (empat )koli melalui kapal pelni, setelah barang tiba di dermaga barang itu tidak bisa naik ke kapal,petugas pelni di perintahkan GM untuk menlarang barang itu naik ke kapal. Menurut salah satu petugas lapangan mengatakan silakan gabung sama ekspedisi yang sudah biasa kegiatan di Pelni aja mas  ungkapnya.

Terkait dengan oroma pungli yang di duga dilakukan Oknum BKO di OP, diharapkan ada tindakan Penertiban dari Maurid Sibarani  Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak,untuk melakukan penertiban anak buahnya di lapangan,serta bisa bertindak tegas terhadap aktifitas operasional EMKL di Pelni/SBN yang masih sarat dengan pelanggaran atau tidak sesuai dengan SOP agar di tertibkan supaya semua kegiatan di pelabuhan ini berjalan tertib. Hal ini sesuai dengan program kerja pemerintah pusat dalam rangka memberantas Pungutan liar di Republik tercinta ini pungkasnya. (Sar/Fud)

 

 

Read 242 times Last modified on Kamis, 09 November 2017 20:52

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3868941
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
491
2052
35743
3868941

Your IP: 107.20.120.65
Server Time: 2017-12-18 06:18:46