Selasa, 05 September 2017 08:29

Peringatan Idul Kurban di Pelabuhan Tanjung Perak

Warga Masyarakat Antri Untuk Mendapatkan Daging Hewan Kurban di Halaman PT Pelindo III. Warga Masyarakat Antri Untuk Mendapatkan Daging Hewan Kurban di Halaman PT Pelindo III.

Suara Mandiri.com (Surabaya)Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1438 H) diperingati di seantero Pelabuhan Tanjung Perak selama 4 hari berturut-turut. Mulai Jumat (1/9) sampai Senin (4/9). Beragam instansi/ lembaga maupun perorangan di pelabuhan utama ini menyelenggarakannya secara bergiliran, menyesuaikan jadwal kegiatan masing-masing. Ratusan warga masyarakat pun tampak antusias di setiap kegiatan tersebut. Sebagaimana tampak di halaman PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, warga yang datang dari pemukiman Kalimas dan sekitarnya menunggu pembagian daging hewan kurban, usai waktu shalat Jumat. Pemandangan yang nyaris sama setiap tahun tatkala hari Lebaran Haji ini datang.

Namun di area Terminal Petikemas Surabaya (TPS) situasinya berbeda. Tak ada sama sekali antrian sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Yang kelihatan tak lebih dari belasan orang. Itu pun kebanyakan dari luar pelabuhan Tanjung Perak. Mereka adalah pengurus yayasan maupun panti asuhan yang hendak mengambil pembagian daging hewan kurban sesuai surat permohonan yang disampaikan sebelumnya. Kata Hubungan Masyarakat (Humas) PT TPS, M Sholeh, untuk tahun ini memang tidak ada pembagian daging hewan kurban di halaman kantor TPS. “Hewan kurban langsung kita distribusikan ke yayasan atau panti, kampung sekitar sini serta kelompok masyarakat yang sebelumnya sudah mengajukan permohonan. Lainnya kita serahkan ke kantor pusat (maksudnya, PT Pelindo III – red),” ujarnya di ruang kerja, menjelang pelaksanaan Idul Kurban tahun 2017.

Sementara di kantor PT Pelindo Marine Service (PMS) –anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III— pembagian daging hewan kurban dilaksanakan di halaman perusahaan, Jumat (1/9). Para calon penerima membawa kupon dan antri dengan tertib. Hingga sekitar pukul 16.00, puluhan warga yang menunggu di depan kantor di Jalan Prapat Kurung masih sabar menunggu.

Sabtu (2/9) esok hari, giliran Kantor Pelayanan Bea dan Cukai (KPBC) Tanjung Perak melaksanakan kegiatan penyembelihan sapi dan kambing. Disini pun ratusan kantong daging hewan terdistribusi langsung ke masyarakat, selain yang diserahkan ke 47 panti maupun yayasan sosial. “Semoga bermanfaat ya pak? Mohon doanya,” kata Ketua Panitia, Ony, yang sehari-hari sebagai Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen (PFPD) KPBC Tanjung Perak, setiap kali menyerahkan daging hewan.      

Di tempat berbeda, pengusaha angkutan H Rahman atau yang biasa dikenal dengan Amang, tampak sibuk melayani para pengantri di depan rumahnya, Minggu (3/9) siang. Tak kurang dari 250-an kantong daging hewan kurban dibagikan kepada masyarakat pemegang kupon. “Pembagiannya hanya untuk yang pegang kupon, dan kita laksanakan mulai pukul 13.00 sampai selesai nanti.,” ujar Direktur PT Dipercaya Paling Murah (DPM) –suplier hewan sapi dan kambing ke Pulau Kalimantan-- yang juga pensiunan pegawai Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak ini.

Dan Senin (4/9), Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak serta Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak menyelenggarakan penyembelihan dan pembagian daging hewan di tempat masing-masing. Wakil Ketua Panitia, Fatoniah yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Humas Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak mengatakan, peringatan Hari Raya Kurban ini adalah wujud pelaksanaan Rukun Islam Kelima, serta merupakan panggilan hati dan keteguhan iman masing-masing umat Muslim. “Hewan yang disembelih ini berasal dari bapak Kepala Kantor, Kepala Bidang dan Kepala Seksi serta mitra kerja,” ungkapnya disela-sela pembersihan area penyembelihan hewan.

Hewan kurban tak kurang dari 6 ekor sapi dan 3 kambing. Sebagian besar disalurkan langsung ke 7 panti asuhan dan yayasan. Sementara yang disembelih, dagingnya dibagikan ke masyarakat sekitar kantor, seperti penghuni pasar buah di Jalan Kalimas Baru, petugas kebersihan, awak taksi laut dan banyak lagi. Termasuk yang disantap bersama para pegawai Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak. (iwan/saragih/mahfud)

 

Read 149 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3855028
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
1372
1697
21830
3855028

Your IP: 54.227.126.69
Server Time: 2017-12-11 14:38:08