Sabtu, 02 September 2017 09:11

Status Pinjam Pakai Kantor OP Tanjung Perak Berakhir

Ka OP Tanjung Perak Mauritz Sibarani Dan Dirut PT PMS aLI Sadikin Menandatangini  Serah Terima  (Dok Humas OP -Herni  w) Ka OP Tanjung Perak Mauritz Sibarani Dan Dirut PT PMS aLI Sadikin Menandatangini Serah Terima (Dok Humas OP -Herni w)

Suara Mandiri.com (Surabaya)Meski sudah melaksanakan fungsi sebagai regulator selama 7 tahun, Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak belum memiliki kantor permanen. Gedung yang  ditempati selama ini –Jalan Perak Timur Nomor 396, Surabaya— berstatus pinjam pakai yang setiap 5 tahun sekali mesti diperbaharui. Namun sejak Kamis (31/8) kemarin, lembaga yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran ini tidak perlu lagi memperpanjang izin pinjam pakai kepada PT Pelindo Marine Serive (PMS) –anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, yang juga sebagai Badan Usaha Milik Negara di bidang kepelabuhanan tersebut.

Karena, bangunan/ gedung yang menurut catatan pernah ditempati PT Djakarta Lloyd --perusahaan pelayaran milik pemerintah-- dan Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Perhubungan (Dephub) itu telah diserah-terimakan kepada OP Utama Tanjung Perak.

“Hari ini kami bersama seluruh rekan disini bergembira, karena status gedung ini sudah resmi menjadi kantor kami. Artinya, kalau dulu kita harus memperpanjang izin setiap lima tahun sekali, sekarang sudah tidak perlu lagi,” ungkap Kepala Sub Seksi Hukum dan Hubungan Masyarakat (Humas), Herni Wahjuti SH MH, usai menghadiri penanda-tanganan “Berita Acara Serah Terima Bangunan dan Gedung Kantor dari PT Pelindo Marine Service kepada Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak,” di kantor PT PMS.

Bertindak sebagai penerima adalah Kepala Kantor OP Utama Tanjung Perak Ir Mauritz H.M. Sibarani DESS, ME. Sementara yang menyerahkan adalah Direktur Utama PT PMS, Ali Sodikin.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk memastikan luasan area kantor, OP Utama Tanjung Perak bersama PT PMS akan melakukan kegiatan pengukuran paling lambat satu bulan semenjak ditanda-tanganinya berita acara.

Perlu diketahui, pada awal pembentukannya yakni bulan Desember 2010, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak berkantor di lahan eks Bidang Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), yang merupakan salah satu bidang di Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjung Perak. Lokasinya di Jalan Prapat Kurung Utara Nomor 58. Sementara PT PMS ketika itu masih merupakan salah satu unit di lingkungan PT Pelindo III, yaitu Unit Perkapalan, berada di Jalan Perak Timur Nomor 396.

Lebih kurang satu bulan kemudian, tepatnya 28 Januari 2011 keduanya bertukar tempat. Unit Perkapalan PT Pelindo III menempati Jalan Prapat Kurung Utara, yang dalam tempo singkat dibangun gedung kantor seiring dengan perubahan status badan hukum menjadi Perseroan Terbatas (PT) PMS. Sementara OP Utama Tanjung Perak pindah ke Jalan Perak Timur Nomor 396 dengan status pinjam pakai selama 5 tahun, yaitu dari 28 Januari 2011 sampai 28 Januari 2016. Perjanjiannya dibuat oleh Kepala Kantor OP Utama Tanjung Perak Nyoman Gede Saputra dan General Manajer Unit Perkapalan Chaerul.

Oleh sebab itu, lanjut Herni, izin pinjam pakai periode kedua –28 Januari 2016 hingga 28 Januari 2021— ini harus diakhiri dulu sebelum ditandatanganinya serah terima.

Perjanjian penyerahan gedung kantor Jalan Perak Timur Nomor 396 sebenarnya sudah dilakukan pada 11 Mei 2016, oleh Kepala OP Utama Tanjung Perak Chandra Irawan dan Direktur Utama PT PMS Chaerul.

Perubahan status kepemilikan kantor OP Utama Tanjung Perak ini otomatis menambah aset milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjenhubla) di seluruh Indonesia.

Dan khusus untuk OP Tanjung Perak, renovasi ataupun biaya pemeliharaan gedung akan dapat dianggarkan secara rutin pada tahun-tahun mendatang melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Selama tujuh tahunan ini, kegiatan pemeliharaan gedung sifatnya hanya perbaikan-perbaikan kecil saja. Paling-paling cumangecat, karena anggarannya memang minim,” ujarnya. (iwan/mahfud)

Read 155 times Last modified on Sabtu, 02 September 2017 09:22

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3855026
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
1370
1697
21828
3855026

Your IP: 54.227.126.69
Server Time: 2017-12-11 14:37:53