Jumat, 04 Agustus 2017 18:08

Pangkalan PLP Prioritaskan Urusan Gedung Mangkrak di Area Gudang Api

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak Wawan (kanan) Didampingi Kasubsi Operasi Djumari Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak Wawan (kanan) Didampingi Kasubsi Operasi Djumari

Suara Mandiri.com (Surabaya) – Pergantian jajaran pimpinan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak merencanakan, pemakaian gedung yang dibangun di area Gudang Api –istilah untuk depo pengisian BBM di Terminal Nilam—menjadi prioritas kinerja ke depan. Demikian dikemukakan Komandan Pangkalan PLP di kantornya beberapa waktu lalu. “Kalau mau memfungsikan gedung itu kita perlu tahu bagaimana anggarannya. Juga rencananya akan digunakan untuk apa,” ujar Wawan didampingi Kepala Sub Seksi Operasi Djumari –pengganti Ujang yang menjabat di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai.

Pernyataan pengganti Julia Sumampouw –Komandan Pangkalan PLP sebelumnya-- ini seolah membawa “angin segar” mengenai pemanfaatan gedung yang bertahun-tahun mangkrak (terbengkalai). Sementara untuk kegiatan sehari-hari dilakukan dari Jl Prapat Kurung, yang secara geografis kurang layak bagi instansi dengan 5 kapal patroli ini.

Namun demikian, Wawan yang sebelumnya menjabat pimpinan di Pelabuhan Bitung tersebut menjelaskan, gedung yang akan ditempati Pangkalan PLP Tanjung Perak nanti idealnya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti dermaga, kantor, bengkel, kolam renang dan berbagai fasilitas lain terkait dengan tugas dan fungsi patrol untuk wilayah Indonesia Tengah dan Timur ini.

Lebih lanjut dikatakan, yang juga menjadi fokus tugasnya adalah penegakan hukum di laut yang meliputi antara lain penyelidikan dan penyidikan, serta peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) internal. Instansi ini sebelumnya bernama Pangkalan Armada PLP Kelas II Tanjung Perak. Namun sejak tahun 2002, berdasarkan Keputusan Menteri (KM) Nomor 65 Tahun 2002 berubah menjadi Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak. Tak kurang dari 60-an pegawai tergabung di dalamnya. Sebagian bertugas mengoperasikan kapal-kapal patroli Kelas I dan Kelas II.(iwan/ saragih)              

                              

Read 304 times Last modified on Sabtu, 05 Agustus 2017 15:13

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3862537
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
2330
2429
29339
3862537

Your IP: 54.83.122.227
Server Time: 2017-12-14 21:52:33