Sabtu, 27 Mei 2017 12:34

Aparat Tutup Mata, Kalimas 1 Turunkan Ternak Langgar Aturan

KM Kalimas I Tengah Menurunkan Kuda ke Atas Truk di Pelabuhan Kalimas KM Kalimas I Tengah Menurunkan Kuda ke Atas Truk di Pelabuhan Kalimas

Suara Mandiri.com (Surabaya) – Kegiatan yang dilakukan Minggu pagi hingga siang bolong itu dilakukan Kapal Motor (KM) Kalimas 1 dengan lancar tanpa pengawasan aparat terkait di pelabuhan Kalimas. Padahal cara menurunkan hewan ternak dengan digantung itu jelas-jelas melanggar aturan. Ironisnya, petugas dari Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak sewaktu ditanya masalah ini malah menjawab tidak tahu dan akan menyampaikan kepada sesama temannya. “Saya sekarang ini sedang di luar kota. Tapi kegiatan seperti itu melanggar. Coba nanti saya koordinasikan sama yang lain,” ucap Dwi, salah satu pegawai Kantor OP yang bertugas mengawasi kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Kalimas.

Bahkan Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak, Chandra Irawan yang dikonfirmasi masalah ini tidak bisa memastikan kegiatan tersebut merupakan pelanggaran atau tidak. “Saya belum tahu. Nanti saya cek ke Kabid (Kepala Bidang Operasional – red),” ujarnya usai memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Surabaya.

Aktivitas menurunkan hewan ternak belakangan memang kerap dilakukan dengan cara mengikat tanduk maupun badan hewan yang digantungkan pada crane kapal. Kali ini ratusan ekor sapi serta puluhan ekor kuda dipindahkan dari atas kapal ke bak truk di dermaga depan gudang 604 B Kalimas. Perusahaan yang melaksanakan kegiatan tersebut PT Trisna Stuwarindo. Ratusan hewan ini kemudian dibawa ke daerah Kandangan, Tandes.

Kesan tutup mata terhadap kegiatan illegal itu bukan cuma dari aparat dari Kantor OP. Petugas Penjagaan dari Kantor Kesyahbandaran pun tidak ada yang berusaha menghentikan, kendati aktivitas yang melanggar itu berada di depan posnya.(iwan)    

Read 330 times Last modified on Sabtu, 27 Mei 2017 12:41

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3862575
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
2368
2429
29377
3862575

Your IP: 54.83.122.227
Server Time: 2017-12-14 21:56:28