Senin, 20 Maret 2017 19:49

Syahbandar Tanjung Perak Usir Kapal Bermasalah Dari kalimas.

Suaramandiri .com (surabaya)    kepala kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Capt.Hari Setyobudi menindak tegas kapal bermasalah yang  masuk ke pelabuhan kalimas,kapal yang tidak sesuai dengan peruntukan fasilitas dermaga. Di sebutkan belakangan jumlah kapal yang masuk kekalimas hanya untuk perbaikan dan perawatan mengalami peningkatan.

Seperti kasus lolosnya Tagboat Surabaya Mandiri 1 masuk  pos lima hari sabtu (17/3) menjadi sorotan banyak pihak,kapal tagboat yang di sebut milik Edo salah satu pengusaha bungker BBM di perak berkantor di kalimas ini masuk tidak sesuai SOP tanpa  kegiatan yang jelas. Menurut beberapa sumber di lokasi mengungkapkan “ rencananya kapal TB ini Cuma parkir   sekitar sepuluh  (10) hari,dan pihak pengurusnya juga sudah kordinasi dengan pihak terkait,makanya disepakati kapal TB ini di masuk kan pada subuh sekitar pukul 4.00 menjelang pagi hari,tapi  entah kenapa kemudian timbul masalah rebut rebut  dan  sejumlah petugas dari Bidang Penjagaan,Patroli dan penyidik pun di  turunkan  kelapanagan dan mereka meminta TB segera di keluar kan dari Pos lima Kalimas karena tidak sesuai peruntukan fasilitas dermaga” ujarnya.

Ketika mendapat informasi tersebut  Saragih Wartawan  Suara mandiri memcoba konfirmasi keSri Sukaesih Kabag TU melalui SMS namun tidak ada tanggapan,kemudian komfirmasi serupa   dilanjutkan ke Syahbandar  tidak  berselang berapa lama  Hari Setyobudi  member respon “Terimakasih mas,sedang di  lakukan pengecekan kelapangan oleh Perwira Jaga” jawab nya singkat.

Ketika di cek  ke esokan harinya minggu (18/3) kapal sudah tidak  ada di tempat,Kepala Bidang KP3 Edy Sumarsono ketika di konfirmasi tentang  lolosnya  TB Surabaya Mandiri 1 kedermaga Pelra Kalimas belum memberikan tanggapan saat akan di konfir masi di kantornya senin  siang tidak ada di tempat,Bapak  sedang keluar ungkap salah satu staf nya.

Sementara hasil pantauan di  lapangan ternyata masih ada kapal yang parkir di dermaga pos lima yaitu  KM.Varuna Express  kapal tepat nya di dermaga depan gudang no 60,kapal  ini disebut  milik Zainal PT.Rass yang berkantor di dekat Jembatan Petek’an bahkan ini sudah bertahun tahun parkir tampa kegiatan di kalimas,tapi  petugas dari Syahbandar tidak  mempermasalahkan, dulu  yang  mengurusi  kekantor syah Bandar ibu Yanti,ungkap sumber lain.

Selain di pos lima kapal parkir sudah tahunan  di pos empat (4) juga marak  ada sekitar empat kapal yang parkir disana,yakni Km.Internusa Bahari ,KM.Hensana,Km Naga sejahtera 1 KM.Libra tepatnya di dermaga depan karantina. tadinya  ada lima kapal  yang parkir disini tapi yang satu KM Swapri sudahsatu bulanan geser ke pos 3 depan lapangan penumpukan,namun kapal ini tampaknya tidak sedang bongkar muat barang,sepertinya  sedang melakukan perbaikan.  Kita berharap Syahbandar dan petugas terkait tidak tebang pilih dalam  kasus ini,kalau memang kapal  kapal tersebut sandar di  dermaga Pelra Kalimas tidak   melakukan kegiatan bongkar muat barang sebagai mana mestinya peruntukan  Fasilitas harus di tertipkan, Supaya  tidak menimbulkan kecurigaan macam macam, karena selama ini di duga ada permainan antara oknum di kantor Syahbandar maupun Otoritas Pelabuhan  dengan pihak  pemilik   kapal,untuk meloloskan  kapal kapal ini parkir di Kalimas,yang pada akhirnya   Petugas memilih Tutup mata.(saragih/Fud)   

 

 

Read 535 times Last modified on Senin, 20 Maret 2017 19:56

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3868857
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
407
2052
35659
3868857

Your IP: 107.20.120.65
Server Time: 2017-12-18 05:57:06