Jumat, 03 Februari 2017 17:09

Cuaca Buruk,Syahbandar Tunda keberangkatan Kapal

Rate this item
(0 votes)

Suara Mandiri.com (Surabaya) –Sejumlah perusahaan Pelayaran di pelabuhan Tanjung Perak Mulai Galau akibat kapal yang tak kunjung berangkat,karena Syahbandar belum memberikan Surat Persetujuan Berlayar dikarenakan kondisi cuaca masih buruk dan sewaktu waktu bisa berubah ekstrim,sesuai maklumat pelayaran dan informasi dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.

 Akibat nya sejumlah kapal yang sudah selesai muat dan siap berangkat tertahan di pelabuhan tanjung perak sampai menungu Cuaca bersahabat. “Kita berharap situasi ini tidak berlangsung lama. Agar barang logistic yang sudah termuat bisa segera berangkat sampai ke pelabuhan tujuan,sebab pemilik barang juga sudah menunggu berminggu minggu tapi masih belum bisa berangkat” ungkap Awi salah satu pengusaha Pelayaran.

 Ketika di pantau diDermaga Jamrut dan Kalimas banyak kapal yang sudah di Lassing terpaksa menunggu di Dermaga,walaupun muatan kapal sudah penuh belum bisa berlayar masih menunggu di Pelabuhan. Beberapa hari lalu juga sempat terpantau kedatangan kapal Ro-Ro di Dermaga Jamrut menurunkan truk dari kapal KMP Legundi (Tol Laut) dalam keadaan rusak,kaca  dan bodi Truk hancur akibat kapal yang berlayar dari Lembar Nusa Tenggara Barat menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini  di hantam ombak,untungnya dari sekian banyak Truk di kapal Cuma satu yang mengalami kerusakan.

 Menyikapi cuaca Buruk ini Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak memperlakukan pengawasan ketat terhadap kapal kapal yang mengajukan permohonan Surat Persetujuan Berlayar hampir semua kapal dan kesemua tujuan, dalam waktu seminggu belakangan pengetatan di berlakukan. Sesuai perintah Pimpinan, Pemberangkatan kapal atau Pemberian Surat Persetujuan Berlayar akan kita keluarkan ketika BMKG memberikan pemberitahuan kondisi cuaca telah berubah normal,kita minta para pengusaha pelayaran juga bisa memahami bahwa penundaan SPB ini demi keselamatan Berlayar,Ungkap Agus Sularto Kepala Bidang Tertib Bandar kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak ketika di konfirmasi di ruang kerjanya jumat (3/2) menjelang pulang kantor. Pihaknya akan segera menghimbau kepada Pihak Pelayaran supaya bersabar demi ke selamatan Berlayar,paling beberapa hari kemudian cuaca akan berubah dan kita tunggu pemberitahuan BMKG ungkapnya singkat kepada Suara Mandiri. (Saragih/Fud)   

    

Read 450 times Last modified on Sabtu, 04 Februari 2017 07:53

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3244769
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
2181
10353
176286
3244769

Your IP: 54.81.231.226
Server Time: 2017-08-23 05:28:21