Sabtu, 18 Juni 2016 18:57

Jelang Mudik 2016, Pelindo III Siapkan Fasilitas Terminal Penumpang

Rate this item
(0 votes)

Suaramandiri .com (Surabaya )  – Menyambut kegiatan pelayanan penumpang angkutan laut dalam rangka mudik dan balik lebaran 2016, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mulai menyiapkan fasilitas pokok dan sarana prasarana pendukung pada 13 terminal penumpang yang dioperasikannya.

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, menyatakan bahwa penyiapan yang dilakukan perseroan dalam rangka mendukung sepenuhnya pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2016. “Sehingga diharapkan terwujud kelancaran, ketertiban, dan keamanan, selama proses embarkasi dan debarkasi penumpang angkutan laut,” ujarnya.

Terminal penumpang kapal laut telah dipersiapkan dengan kondisi yang aman dan nyaman, dengan menyediakan fasilitas penunjang lain, di antaranya tenda dan kursi yang mampu menampung arus penumpang lebaran, toilet dan fasilitas penunjangnya, dan tempat sampah yang memadai. Serta fasilitas penunjang lainnya untuk mendukung keamanan, kenyamanan, dan kelancaran angkutan lebaran. Demikian juga dengan pengaturan penumpang, akan dilakukan pemisahan jalur embarkasi dan debarkasi penumpang.

“Pelindo III juga telah menyiagakan petugas pelayanan operasional seperti petugas terminal penumpang, petugas pandu, operator radio dan petugas terkait lainnya dalam kondisi siap melayani pelayanan angkutan lebaran,” tambah Edi. Tak hanya itu, guna memudahkan komunikasi dengan penumpang, Pelindo III juga menyediakan layanan (call centre) sebagai pusat informasi yang berkaitan dengan pelayanan penumpang kapal laut.

Pada terminal penumpang kapal laut juga disediakan check in counter, ruangan merokok, ruang laktasi, ruang kesehatan, musholla, fasilitas penyandang cacat, kantin, lapangan parkir kendaraan, penyejuk ruangan (AC), jaringan wifi, TV, pengeras suara, alarm tanda bahaya, dan alat pemadam kebakaran.   

“Guna menjamin keamanan penumpang, termasuk barang bawaannya, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas pada saat pemeriksaan di pintu masuk. Pemeriksaaan dengan metal detektor dan pada beberapa pelabuhan kelas satu disediakan X-Ray dan Walk Through Metal Detektor (WTMD),” katanya.

Pelindo III juga telah memasang puluhan kamera pengintai CCTV pada lokasi indoor ataupun outdoor gedung terminal penumpang yang digunakan untuk melakukan pemantauan keamanan penumpang disamping disiapkan pos keamanan.

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada para penumpang, Pelindo III juga menyediakan snack untuk berbuka yang dibagikan kepada para penumpang yang berada di ruang tunggu terminal penumpang sembari menunggu keberangkatan kapal.

Dalam rangka pelaksanaan pengamanan dan kelancaran angkutan laut lebaran tahun 2016 selanjutnya dibentuk satuan tugas pengamanan dan kelancaran kegiatan laut lebaran pada masing-masing pelabuhan terhitung mulai tanggal 18 Juni 2016 (H-18) hingga tanggal 24 Juli 2016 (H+17).

Dalam satuan tugas tersebut dikoordinasikan oleh otoritas pelabuhan/KSOP setempat dan disiapkan posko terpadu di lokasi terminal penumpang, dengan personel terdiri dari kepolisian, militer, operator terminal Pelindo III, operator kapal/perusahaan pelayaran, dan rumah sakit/tenaga medis.(humas pelindo III/fud)

Read 623 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3016229
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
1082
4069
150225
3016229

Your IP: 54.92.180.46
Server Time: 2017-07-24 05:40:52