Senin, 02 Oktober 2017 10:24

Ini 4 Usulan Singky Kepada Dirjen KSDAE

Rate this item
(0 votes)
Suaramandiri .com  (Surabaya)  -Secara mendadak pengamat satwa Singky Soewadji  diminta bertemu empat mata dengan Dirjen KSDAE Ir. Wiratno M.Sc pada tanggal 28 September silam.
 
"Saya langsung terbang ke Jakarta dan langsung menuju Hotel Rich Charlton, Pk 20.30 Dirjen hadir dan kami bicara empat mata di caffe shop. Beliau minta info sebenarnya apa yg terjadi dengan KBS," papar Singky kepada media ini, Senin (02/10/2017).
 
Singky lantas bercerita panjang lebar, dari A sampai Z. Singkat cerita, hasil pertemuan dan keinginan serta solusi yang dia  berikan ternyata bisa diterima dan disetujui Dirjen KSDAE.
 
Berikut 4 usulan Singky terkait KBS yaitu :
1. Legalitas KBS sedang dalam proses hukum, kalah di Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Tinggi, sekarang tunggu hasil kasasi.
 
"Ijin konservasi terancam dibatalkan, untuk itu saya usul agar lepas dari gugatan dan itu ijin warisan dari Perkumpulan ke PTSFF kemudian ke PDTS, bagaimana kalau Pemkot Sby selaku pemilik lahan ajukan permohonan ijin konservasi baru ke kemen LKH ?" Papar mantan atlet berkuda ini.
 
Bila ijin tersebut keluar maka tidak ada yang bisa kotak katik dan menggugat lagi.
 
Ide ini dianggap solusi terbaik dan alhamdulillah disetujui, sehingga bisa segera diproses, karena KBS sudah ada dan sudah lama berdiri, bukan kebun binatang baru.
 
"Saya sampaikan ke Dirjen untuk saya melapor dulu ke Bu Wali, dengan demikian bila Bu wali sepakat maka legalitas KBS beres,"imbuhnya.
 
2. Singky  minta, bila legalitas baru ijin LK untuk KBS, tidak digolongkan grade C, karena KBS sudah pernah menyandang grade B, dan sudah selayaknya dipacu menjadi grade B+, alhamdulillah juga disetujui, bahkan beliau akan bentuk tim independen untuk agreditasi ulang.
 
3. Workshop tentang satwa over populasi, tidak perlu dicampuri banyak pihak, tetutama pihak ke tiga yang hanya bertujuan menjarah satwa KBS, karena Singky mencium bau amis, bakal ada penjarahan satwa KBS jilid II.
 
"Over populasi itu urusan internal KBS, biar workshop, disiapkan dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Pemkot Sby, PDTS dan didampingi BBKSDA Jatim.Yang penting, endingnya untuk kebaikan KBS dan kesejahteraan satwanya, alhamdulillah lagi beliau sepakat," jelasnya.
 
4. Untuk urusan KBS, dirinya mohon agar pemerintah jangan pernah melibatkan orang-orang lama yang pernah dianggap menjarah satwa KB  (pandu/fud)
Read 104 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3726489
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
5282
10516
151670
3726489

Your IP: 54.166.199.178
Server Time: 2017-10-21 15:29:14