Konsulat Jenderal di Surabaya Selenggarakan Kanji Cup ke-17

0
204
Konjen Tani Bersama Juara Level Dasar.

Suaramandiri .com (surabaya)    Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya atas kerjasama kursus Bahasa Jepang IMC Center, Jasmin, Japan Foundation Jakarta, Persada, serta UNESA.

Kanji Cup merupakan acara dimana topik Kanji yang merupakan pelajaran yang masih dirasa sulit oleh sebagian besar pembelajar Bahasa Jepang dilombakan dalam bentuk kuis. Perlombaan Kanji Cup telah dilaksanakan sejak tahun 2002 dengan tujuan dapat mengurangi kesan sulit tentang pelajaran Kanji dan meningkatkan motivasi dalam mempelajari Bahasa Jepang.

Kanji Cup tahun ini diikuti oleh 120 peserta level dasar dan 32 peserta level menengah (1 tim terdiri dari 2 orang). Peserta tidak hanya berasal dari Jawa Timur namun juga dari Bali, Semarang, Purwokerto dengan jumlah hadirin hingga 400 orang.

Pada sambutan di awal acara Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, Wakil Rektor UNESA sekaligus Kepala IMC Center yang telah menerima penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang pada Oktober lalu menyampaikan, pelajaran Kanji akan lebih meyenangkan apabila dipelajari dari sisi seni, beliau juga menyampaikan harapannya agar acara ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Jepang baik di Jawa Timur maupun seluruh Indonesia.

Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Bapak Masaki Tani juga menyemangati peserta dengan menyampaikan harapannya agar acara ini dapat menambah minat para peserta dalam mempelajari Bahasa Jepang, serta menjadikan generasi yang menjadi tumpuan di masa depan ini, dapat mempererat hubungan kedua negara.

Melalui persaingan yang ketat, pada level dasar Ihsana Safira dari Universitas Diponegoro Semarang keluar sebagai juara pertama.

itas Diponegoro Semarang yaitu Rifqi Prasetya Putra Pratama. Juara pertama level menengah kembali lagi diraih oleh Tim Stiba Saraswati dari Denpasar (I Putu Gede Aditya Djanardhana dan Kadek Pendi Pranata) sementara juara kedua diraih oleh Tim tuan rumah dari UNESA (Dwiki Putro Prayogo dan Mochamad Farman Adam).

Ini merupakan kali kedua STIBA Saraswati Denpasar mendapat juara pertama, selain UNESA yang meraih juara kedua pada level menengah, seluruh juara termasuk juara level dasar berasal dari luar Jawa Timur.

Setelah berlangsungnya perlombaan level dasar dan level menengah, juara pertama level menengah mengahadapi siswa SMP dari Sekolah Jepang Surabaya (SJS), Perkumpulan Alumni dari Jepang (PERSADA) dan Asisten Guru Bahasa Jepang  Nihongo Partners dalam Exhibition Match.

Tim STIBA Saraswati unggul pada paruh pertama pertandingan ini namun pada akhirnya pertandingan dimenangkan oleh Nihongo Partners. Pertandingan berlangsung meriah berkat sorak-sorai pendukung dari setiap Universitas.

 

Pemenang Kanji Cup ke-17

  • Level Dasar

Juara Pertama: Ihsana Safira(UNDIP)

Juara Kedua:Rifqi Prasetya Putra Pratama(UNDIP)

  • Level Menengah

Juara Pertama:Tim STIBA Saraswati Denpasar(I Putu Gede Aditya Djanardhana, Kadek Pendi Pranata)

Juara Kedua:Tim UNESA(Dwiki Putro Prayogo, Mochamad Farman Adam) (fud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here