Sabtu, 14 April 2018 17:08

TMMD KE 101 Memberikan Sosialisasi Belanegara di SMPM 9 BS Annur

Suaramandiri .com (sidoarjo)   Menurut pasiter kodim 0816/sda Kpt Arh Bambang suryono Semangat bela negara di era reformasi ini dirasakan telah mengalami pergeseran dikalangan generasi muda.  Sabtu (14/4)

 Mari kita melihat kondisi riil bangsa saat ini, dimana terlihat indikator adanya penurunan kesadaran akan arti pentingnya bela negara. Hal tersebut dapat dilihat dari contoh ringan, seperti kebiasaan pemuda yang lebih bangga dengan budaya atau simbol2 bangsa lain dan tidak bangga dengan budaya bangsa sendiri.  Ataupun, generasi muda saat ini yang cenderung telah meninggalkan nilai2 budaya bangsa dengan memamerkan ciri westernisasi.

 Dan semakin banyaknya perilaku generasi muda yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa,  seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, gaya hidup hedonisme dan lainya.  Kondisi ini diperparah dengan minimnya kesadaran sosial dan perhatian kepada sesama yang ditunjukan dengan semakin individualisnya pemuda itu sendiri di tengah2 masyarakat.

 Kita semua memahami dan menyadari betapa pentingnya jiwa bela negara dimiliki oleh seluruh warga negara,  khususnya generasi muda yang akan melanjutkan kepemimpinan dinegeri tercinta Indonesia ini minimal kita bisa lihat dr tiga aspek sebagai berikut :

Pertama Aspek Hukum : pasal 27 ayat 3 UUD 1945 bahwa : "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara"

 Kedua Aspek Pertahanan : setiap warga negara wajib mempertahankan negaranya supaya kelangsungan hidup bangsanya tetap terpelihara.

 Ketiga Aspek Sejarah Perjuangan Bangsa : kemerdekaan yang diperoleh bangsa indonesia untuk mendirikan NKRI tgl 17 agustus 1945 bukan sebagai hadiah atau pemberian dari negara lain, tetapi hasil perjuangan yang panjang dan pengorbanan yang banyak baik harta maupun nyawa, sehingga setiap warga negara wajib ikut serta membela negaranya jika negara membutuhkan. untuk itu perlunya belanegara di sosialisasikan mulai dr tingkat pelajar sd perguruan tinggi untuk menanamkan rasa nasionalisme ,patriotesme cinta tanah air dan budaya bangsa dengan mengedepankan ke arifan lokal dg materi belanegara yg di berikan ini menurut pimp pondok p

 Adapun rangkaian dalam kegiatan ini dimulai dr penerimaan siswa/siswi dinamika kelompok, suprarasional,pengetahuan bela negara dan permainan bela negara,pbb dasar ,pengenalan senjata serta out bond untuk meningkatkan semangat, rasa kebersamaan ,kerjasama sesama ,disiplin dan nilai nikai kebangsaan sesuai dg kearifan lokal bagi para siswa-siswi. 

 Pimpinan Ponpes An Nur Tanggulangin,  "Saya berterima kasih atas kedatangan bapak TNI dalam kegiatan TMMD di Ponpes kami ini, Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena memberi ilmu pengetahuan dan wawasan kebangsaan. Semoga dengan  acara ini murid-murid kami dapat memahami arti cinta tanah air dan bela negara." tutur Ustadzah Widi. (Lyn/fud)

Read 67 times Last modified on Sabtu, 14 April 2018 17:15

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

4263136
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
2166
3636
92473
4263136

Your IP: 23.20.165.182
Server Time: 2018-04-26 14:35:27