Rabu, 14 Maret 2018 10:51

Dibawah Komando Kapolres Banjar, 11 Ribuan Petugas Siap Layani Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-1

Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete ketika memberikan statemen tentang persiapan pengamanan Haul Guru Sekumpul. Foto : M. Amin Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete ketika memberikan statemen tentang persiapan pengamanan Haul Guru Sekumpul. Foto : M. Amin

Suaramandiri .com (martapura)    – Dua faktor keamanan yang sangat vital dalam perhelatan akbar Haul Abah Guru Sekumpul ke-13, yaitu keamanan jalur jemaah dan keamanan pangan yang dikonsumsi.

Keduanya digarap grup terpisah, Inilah haul terbesar se Indonesia yang dihadiri jutaan orang dari segenap penjuru tanah air dan luar negeri. Dari data yang berhasil dihimpun, total personel berjumlah 11.144 orang, semuanya dibawah satu komando Polres Banjar.

Polres Banjar menerjunkan 573 petugas, Kodim 1006/ Martapura sebanyak 200 anggota, Satpol PP dan Damkar sekitar 233 personel, Dishub Banjar sebanyak 98 orang. Selanjutnya Dinas kesehatan 450 petugas ditambah 9 ribu relawan yang ber-id card resmi.           

Bekap kekuatan juga ditambah dari Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Polres Batola, dan Tapin, juga Brimob dengan kekuatan penuh sebanyak 590 personel. Hampir seluruh unsur kekuatan Polri diterjunkan mulai Sabhara, Pamobvit, Polair, Reskrimsus, Reskrimum, Resnarkoba, Intelkam, Lantas, Dokkes, dan Propam.

Sarana milik Polres Banjar yang standby adalah 1 ambulan, 2 perahu air, dan 6 unit drone, 104 kendaraan roda 2,  petugas bersepeda, dan 2 unit AWC/Rantis. Sarana bekap pun ada seperti mobil tangki, 3 unit AWC dari Brimob, Sabhara Polda, dan Polres Tala.  Polres Banjar juga menggandeng provider menempatkan 5 unit BTS Mobile di lokasi terpisah.           

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete menegaskan, kegiatan pelaksanaan haul selama 5 hari penuh, 4 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari H. Artinya, sejak 22 sampai 26 Maret 2018 seluruh petugas keamanan telah menjalankan tugas sesuai ploting yang telah ditetapkan.

Petugas akan ditempatkan di pos pengamanan seperti jalur perlambatan dan rawan tindak pidana. Harus diwaspadai kerawanan menuju haul dan pasca haul seperti kemacetan, curanmor, premanisme, dan obat terlarang.  Polisi juga akan melaksanakan patroli di rumah-rumah kosong plus pengamanan dengan jalan kaki dan bersepeda.

Sampai hari ini terus disosialisasikan berupa penyuluhan kepada seluruh elemen agar memahami tugas dan fungsinya masing-masing. Haul tahun 2018 ini memang mengalami banyak perubahan, salah satunya U Turn batas Kota Martapura sampai Simpang 4 Pasar Batuah akan ditutup petugas.

Sedangkan lalu lintas Pasar Papan menuju Jalan A Yani saat pulang ditutup dan dibelokan lewat Jalan KH Anang Syarani Arif Kampung Melayu. Dan, Jalan Melati arah Tunggul Irang saat kepulangan jemaah juga ditutup.

Seluruh jemaah dari Banjarmasin sampai Simpang 4 Banjarbaru diarahkan lebih besar ke Budi Waluyo, Permata Hijau, dan Muhibbin ke Jalan Pangeran PM Noor.  Sedangkan Parkir dari PPS diarahkan menuju jalan Veteran atau Sungai Sipai (depan Polsek Martapura).

Kemudian, Parkir Jalan Albasia dan Lapangan Mini Barakat diarahkan melalui Jalan Mentri Empat atau depan Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura.  Counter flow atau melawan arah menjadi satu arah ditujukan hanya untuk tamu VIP, VVIP ketika mengarah ke Jalan Pendidikan tepatnya samping Pengadilan Negeri Martapura. Tidak sembarang VIP dan VVIP boleh lewat sana, karena seluruh kendaraan tamu penting ini wajib memiliki stiker khusus yang diletakan di kaca mobil depan.

Petugas lapangan tidak bertanggungjawab bila tamu penting datang terlambat sampai ke lokasi ring 1 Musala Ar Raudah Sekumpul Martapura. Polres Banjar akan membuat imbauan kepada pengguna roda 6 ke atas tidak melintas saat hari H. Solusinya, pengendara diberikan kantong parkir di wilayah Tapin selama 3x24 jam atau mulai tanggal 25 – 27 Maret 2018.

Perlakuan berbeda untuk bus angkutan umum tetap diperbolehkan melintas, itu juga diatur waktunya.  “Gladi pengamanan haul dan apel kesiapan akan kami laksanakan tanggal 22 Maret di Mako Brimob Banjarbaru, pada 25 Maret kembali ada apel kesiapan di Halaman Polres Banjar yang melibatkan seluruh personel keamanan dan instansi terkait,” tegas Takdir Mattanete.

Sekda Banjar H Nasrun Syah akan membuat imbauan kepada seluruh perkantoran sepanjang A Yani membuka pintu pagar kantor untuk keperluan jemaah. Halaman perkantoran tersebut akan digunakan untuk memperbanyak kantong parkir  (m amin/fud)

Read 70 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

4487233
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
5389
3065
84768
4487233

Your IP: 54.224.255.17
Server Time: 2018-06-22 17:46:42