Senin, 08 Januari 2018 12:37

Kodim 0816 Tanam 3 650 Pohon Mahoni

Suaramandiri .com  (Sidoarjo)   Komandan Kodim 0816 Sidoarjo (Letkol Inf Fadli Mulyono,S.I.P) mencanangkan penanaman penghijauan di sepanjang ruas kanan/kiri jalan provinsi/nasional di Jalan bay pass Krian-Mojokerto dengan jarak tempuh 13 Km yang melintasi wilayah Kec Krian, Balongbemdo dan Tarik.

Dalam kegiatan tersebut tempat pencanangan dilaksanakan di PT. Lumintas Puspindo jalan bay pass krian KM 36 yang di hadiri oleh seluruh Forkopimka Kec. Krian, Balongbendo, Tarik serta para pimpinan perusahaan yang berada di jalur bay pass krian dan para kepala desa yang wilayahnya dilintasi penanaman penghijauan, jumlah peserta sendiri yang dikerahkan adalah 378 org yang tersidiri dari TNI & Polri, GM FKPPI PC 1316 dan Kader Bela Negara.

Letkol Inf Fadli menuturkan bahwa program penghijauan di sepanjang ruas kanan/kiri jalan Provinsi/Nasional ini, merupakan program dari Kodam V/Brawijaya yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Prov Jatim adapun jenis tanaman yang tanam adalah pohon mahoni sejumlah 6.650 Bibit mahoni, Pupuk Organik 27.330kg, Pupuk Non Organik 2.330  kg, Serobong 5.750 Biji, Anjir 450 Biji pohon ditanam dengan ketinggian rata-rata 2 Meter.

Sedangkan manfaat dari pohon mahoni ini adalah merupakan tanaman yang selalu hijau, tahan hidup ditanah gersang, ditanam secara luas di daerah tropis dalam program reboisasi maupun penghijauan dengan sistem agroforestry digunakan sebagai tanaman naungam, selain itu sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya keras dan sangat baik untuk mebel, barang ukiran seta kulitnya bisa digunakan untuk mewarnai pakaian dan getahnya bisa sebagai bahan baku lem serta bijinya sebagai bahan baku obat herbal.

Dengan adanya kegiatan Penanaman Penghijauan 6650 bibit mahoni di sepanjang ruas kanan/kiri di Jalan Provinsi/Nasinoal  tepi jalan by pass Krian – Tarik - Balongbendo – Mojokerto terutama di lahan perkotaan adalah aksi nyata menyelamatkan kondisi lingkungan yang terus memburuk. Melalui penghijauan, masalah lingkungan seperti banjir, kesulitan air bersih, dan polusi udara frekuensi dampak lingkungannya semakin berkurang.

Penanaman penghijauan bibit mahoni tersebut merupakan salah satu cara yang mudah untuk menyelamatkan lingkungan terutama di kawasan ramai oleh kendaraan atau banyaknya pabrik- pabrik yang sangat minim akan pepohonan diserkitarnya dan cenderung mengakibatkan polusi udara. Selain itu, mempertahankan zona hijau dengan melakukan penghijauan/gerakan hijau akan memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan mahluk hidup.

Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah Penghijauan Untuk Mencegah Banjir, Upaya ini adalah cara untuk mencegah terjadinya banjir perkotaan akibat pengurangan jumlah daerah resapan air. Menjaga kualitas air tanah, Penghijauan sangat penting untuk mempertahankan kawasan hijau di dalam perkotaan. Mengurangi polusi udara, Penanaman Penghijauan di tepi jalan yang ramai lalu lalang kendaraan bermotor juga berfungsi mengurangi polusi udara dan menjadikan kawasan tersebut sejuk.

Menurut Dandim 0816 Sidoarjo ini harapan diadakannya kegiatan penghijauan ini mampu mendukung program Pemerintah dalam gerakan Indonesia menanam pohon, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta memgurangi dampak pemanasan global, selain itu penanaman penghijuan ini juga bermanfaat untuk menghasilkan oksigen, membuat jalan menjadi teduh dan sejuk, mampu menjaga kelembaban, menyerap debu serta membuat indah nyaman dan sehat bagi lingkungan.

Oleh karena itu Dandim 0816 Sidoarjo mengajak kepada seluruh pihak baik masyarakat, perusahaan dan aparatur negara untuk ikut merawat pohon mahoni yang kita tanam ini, untuk kelangsungan menuju indonesia yang hijau, bersih dan sehat selama 24 jam (tuturnya)

Beliau juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Sidoarjo, Karena mengingat terjadi pemanasan global kini bukan lagi isu lingkungan, melainkan fakta nyata masalah lingkungan yang  sedang terjadi. Pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi. Fakta nyata dari pemanasan global ini ditandai dengan musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir. Oleh karena itu, Kita harus memelihara dan menjaga lingkungan alam saat ini. (fud)

Read 29 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3939645
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
103
2449
39510
3939645

Your IP: 54.234.0.2
Server Time: 2018-01-18 01:00:37