Kamis, 03 Agustus 2017 08:07

XL Bentuk Generasi Berkarakter di Lingkungan pelajar SMA/SMK

Suaramandiri .com (Jakarta)   - Generasi muda yang berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat merupakan modal untuk membangun masa depan Indonesia. Pelajar usia belasan tahun  rentanterhadap berbagai pengaruh produk teknologi di era digital saat ini. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyelenggarakan Program “Youth Leadership Camp 2017” di 3 kota(Yogyakarta, Semarang dan Jakarta), yang bertujuan membentuk karakter kepemimpinan pada para pelajar tingkat SMA/SMK yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi digital secara positif. Program yang mendapatkan dukungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia ini akan melibatkan total 300 pelajar. Kepala Seksi Penyelarasan Kejuruan DitPSMK Saryadi, ST. MBA, Kasi Program Direktorat Pembinaan SMS Muamar Surawidarto, SE,. MBA dan Chief of Corporate Affairs  Officer  XL Axiata, Eka B. Danuwiranamembuka program ini di Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (28/7).

 Eka B. Danuwirana mengatakan, “Tujuan utama dari program ini adalah memperbesar kontribusi XL Axiata dalam membantu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan membentuk generasi muda yang berkarakter di lingkungan pelajar tingkat SMA/SMK. Kami melihat, kepemimpinan merupakan bekal bagi para siswa untuk berkehidupan di masyarakat nantinya. Melalui program ini juga diharapkan dapat mengatasi kekhawatiran akan pengaruh radikalisme serta intoleransi di kalangan pelajar tingkat SMA/SMK, sehingga kami menganggap perlunya suatu program yang dapat menumbuhkan dan menguatkan karakter para siswa.”

 Eka menambahkan, Program “XL Youth Leadership Camp 2017” merupakan program pengembangan kepemimpinan yang bertujuan membantu para pelajar untuk mempersiapkan ketrampilan inovatif yang harus dimiliki oleh pemimpin muda di masa depan. Menurutnya, program ini juga merupakan respon atas berbagai isu yang menerpa dunia pendidikan Indonesia, antara lain sikap radikalisme, tidak saling menghormati sesama termasuk Perundungan, yang sebagian di antaranya terbentuk karena salah dalam memanfaatkan sarana digital. Anak-anak muda yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat akan mampu memanfaatkan teknologi secara positif dan menghindarkan pengaruh negatif darinya.

 Program “XL Youth Leadership Camp” akan berlangsung selama 2 hari 1 malam, dalam bentuk pelatihan kepemimpinan (leadership workshop) yang dikemas secara interaktif dan menyenangkan dalam bentuk permainan (games). Materi pelatihan bersifat penguatan kapasitas kepemimpinan dengan fokus pada kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, berkomunikasi yang efektif, digital team work,pemecahan masalah, outdoor team work dan emotional intelligence, serta etika berinternet danSocial Media 101.

 Dari program ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif. membentuk cara berpikir kritis dan kreatif dengan cara yang lebih praktis dan sistematis, serta melatih kemampuan mencari solusi dengan cara berpikir efektif, terstruktur dan sistematis. Selain itu, peserta juga akan mampu memperkenalkan dan membiasakan penggunaan teknologi digital untuk efektitas kerja tim, dan meningkatkan kemampuan riset dengan memanfaatkan teknologi digital. Para peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar ketrampilan praktis berbasis kurikulum XL Future Leaders dengan dibimbing oleh para Fasilitator yang berpengalaman dan tentunya sertifikat program kepemimpinan dari XL Axiata.

 Program “Youth Leadership Camp 2017” ini merupakan pengembangan dari program donasi penyediaan akses internet berkecepatan tinggi “1000 Sekolah Broadband” yang telah XL Axiata luncurkan sejak awal tahun 2017 ke berbagai daerah di Tanah Air. Kemendikbud juga merekomendasikan hal yang sama sehingga manfaat dari tersedianya sarana akses internet cepat akan bisa teraplikasikan secara nyata di setiap sekolah penerima serta mendukung visi digitalisasi dunia pendidikan.

 Total sebanyak  150 sekolah yang mendapatkan undangan dari XL Axiata dan Kemendikbud untuk mengikuti program XL Youth Leadership Camp 2017 ini. Setiap sekolah yang terpilih wajib mengirimkan 2 orang, yang merupakan pemimpin di organisasi sekolah. Mereka akan mengikuti perkemahan yang akan diselenggarakan di 3 kota, yaitu Yogyakarta (28 -30 Juli 2017), Makassar (18-19 Agustus 2017), dan Yogyakarta (18-19 Agustus 2017). XL Axiata berharap para peserta akan dapat mempraktekkan dan membiasakan diri dengan bekal yang diterima selama perkemahan untuk digunakan dalam berbagai konteks ketika pulang ke sekolah asal. Mereka diharapkan juga akan membagikan atau memultiplikasi materi selama perkemahan kepada teman-teman sekolahnya.

 Kerjasama XL Axiata dengan Kemendikbud dalam program ini mencakup penyusunan program, termasuk perencanaan Youth Leadership Camp. Selain itu, kedua pihak secara bersama-sama memastikan kurikulum dalam Youth Leadership Camp sesuai dengan kebutuhan siswa yang menjadi peserta. Pihak Kemendikbud juga memberikan arahan untuk sekolah-sekolah yang perlu diundang untuk mengikuti perkemahan. Terakhir, kedua pihak akan bersama-sama memantau efektifitas program Youth Leadership Camp ini. Kemendikbud sendiri berharap program ini akan meningkatkan pengetahuan siswa, di luar apa yang diajarkan di sekolah, untuk bekal masa depan sesuai tuntutan zaman, selain juga akan membantu memperkuat peran swasta untuk mendukung Kemdikbud bersinergi memajukan dunia pendidikan di Indonesia.  (amel/fud)

Read 805 times

Glovy Cat Care

 

 

Pengunjung

3862572
Hari ini
Kemarin
Bulan ini
Total
2365
2429
29374
3862572

Your IP: 54.83.122.227
Server Time: 2017-12-14 21:56:12